Jalan Pattimura Dilebarkan

0
679
DIBANGUN: Dinas PU Anambas bangun Jalan Pattimura Sungai Sugi lebih lebar. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas meningkatkan ruas jalan Pattimura Tarempa. Peningkatan Jalan Pattimura dilakukan dengan melebarkan jalan sekaligus menaikkan bangunan jalan dari yang sebelumnya. Ruas jalan awalnya hanya sekitar 2,5 meter, dan akan dilebarkan menjadi 5 meter dan dinaikkan sekitar 25 sentimeter dari yang sebelumnya. Pelebaran jalan itu sekilas mempersempit aliran sungai Sugi, tetapi sejatinya justru dilebarkan sekitar 1,5 hingga 2 meter.

Pasalnya, jalan tersebut nantinya akan dibuat seperti pelantar sehingga dibawah jalan bisa dialiri air sungai. ”Bangunan batu miring pada jalan lama dibongkar supaya sungainya lebih lebar. Setelah di lebarkan sekitar 1,5 meter sampai 2 meter, akan dibuat batu miring plus tiang penyangga dan akan menjadikan aliran sungai lebih lebar,” ungkap Effie Zjuhairi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Anambas, Kamis (27/7).

Namun, pelebaran jalan itu tidak bisa mengantisipasi bila terjadi banjir.
Sebab, jika air air laut pasang maka sungai tetap akan penuh dan akhirnya meluap. ”Pada dasarnya, peningkatan jalan ini bukan mengantisipasi banjir tapi untuk peningkatan ruas jalan,” ungkapnya.

Untuk membangun peningkatan ruas jalan itu, bersumber pada APBD sebesar dari Rp 1 miliar. Sedangkan pagu anggarannya Rp 1,3 miliar sedangkan nilai kontraknya Rp1,146 miliar,” jelasnya lagi.

Meski pekerjaan tersebut tergolong besar namun dirinya optimis pekerjaan tersebut bakalan rampung sebelum tahun berganti. Pasalnya, saat ini kesiapan pemenang tender sudah bagus. Pekerjaan darat seperti rangka besi sudah siap, dan tinggal pekerjaan didalam air yakni pemasangan tiang bagian dalam sungai yang dilakukan pada saat air laut surut. ”Kalau air laut surut baru bisa dikerjakan. Kalau malam hari surut, maka malam hari itulah pekerjaan itu dikerjakan,” ungkapnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here