Jalan Pelabuhan Roro Curam dan Licin

0
88
KONDISI jalan menuju ke Pelabuhan Roro Penarik masih berupa tanah dan selalu becek jika hujan dan rawan kecelakaan. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Penguna jasa transportasi Kapal Roll On Roll Off (Roro) mengeluhkan kondisi, pada akses jalan penghubung di Pelabuhan Roro Penarik. Warga mengeluh karena jalan tidak beraspal dengan tanjakan yang cukup curam dan rawan terjadi kecelakaan.

LINGGA – Warga setempat menyebutkan, jangan menunggu korban kecelakaan barulah jalan itu diaspal. ”Jalan cukup licin jika hari hujan. Kapan saja kecelakaan bisa terjadi. Apalagi ada lubang bekas alur air di tengah jalan,” kata Putra, seorang penguna jalan, kemarin.

Ia menjelaskan, bahwa kondisi jalan di Pelabuhan Penarik ini sebenarnya telah memakan korban. Beberapa penguna jalan terjatuh dari sepeda motor ketika melintas, bahkan ada warga yang bablas ke laut karena gugup di jalan menurun menuju pelabuhan.

”Untungnya selama ini belum ada yang fatal, dan hanya luka ringan. Meski begitu pemeringah seharusnya peduli dengan kondisi ini,” sebutnya.

Saat ini, jasa transportasi Kapal Roro tujuan Pelabuhan Jagoh-Penarik merupakan moda yang membantu warga. Tidak hanya warga masyarakat, para pegawai Pemkab Lingga mengunakan transporrasi ini karena ekonomis.

”Seharusnya Pemerintah Daerah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung dengan baik,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga Selamat mengaku pihaknya sudah mengajukan pembangunan jalan menuju Pelabuhan Roro Penarik ke Balai Transportasi Darat Riau-Kepri. Pada pertemuan itu, dan yang bersangkutan sudah menggelar pertemuan dengan Kemen-PUPR.

Adapun hasil dari pertemuan tersebut, Kemen-PUPR sudah memasukan anggaran ke satuan kerja (Satker) PU untuk perbaikan Jalan Pelabuhan Roro Penarik pada tahun 2019 mendatang. Rencana itu, juga sudah disinkronisasi ke Dinas PU Kabupaten melalui Bidang Bina Marga.

”Untuk jalan menuju Pelabuhan Roro Penarik, Insya Allah 2019 tahapannya sudah 90 persen masuk ke Satker PU,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here