Jalan Raya Memprihatinkan, Warga Terisolir

0
615
Ini la kondisi jalan darat yang menghubungkan warga Pesisir Singkep Barat dan kepulauan Posek F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Lingga – Masyarakat Desa Tanjung Irat, Kecamatan Singkep Barat, meminta Pemkab Lingga membangun jalan yang menghubungkan desa mereka dengan pusat pemerintahan kecamatan dan Kota Dabo Singkep.

Akses jalan yang dibuka perusahaan tambang saat beraktivitas kini kondisinya sudah sangat memprihatinkan. Akses jalan tersebut tidak hanya memghubungkan Tanjung Irat, tapi juga Desa Langkap dan sebagai jalur alternatif bagi warga yang tinggal di pulau sekitarnya.

Masyarakat setempat cukup dikenal cukup sabar mesti daerah mereka lambat dibagund an mereka selama ini terisolir.

”Akses jalan ini sangat vital bagi dua desa untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat. Terutama warga Desa Tanjung Irat dan Langkap. Ini juga sebagai jalan alternatif bagi masyarakat Kepulauan Posek menuju Dabo Singkep,” kata Yanto salah seorang warga Tanjung Irat, Rabu (22/3).

Menurutnya, peningkatan jalan dibutuhkan untuk mendukung percepatan ekonomi masyarakat pesisir pulau Singkep. Jalur laut yang selama ini dipergunakan masyarakat untuk membutuhkan biaya transportasi yang tinggi tinggi karena jarak yang jauh yang harus ditempuh dengan transportasi laut.

”Selain itu jika pada musim utara, masyarakat pulau tidak berani melalui jalur laut dan mereka lebih memilih melalui Sungai Bukuh yang membutuhkan empat jam perjalanan laut. Jika melalui Tanjung Irat perjalanan laut hanya sekitar satu jam dengan laut yang teduh,” terangnya.

Menurutnya, kondisi jalan ini sangat dibutuhkan agar masyarakat lebih mduah membawa hasil pertanian dan hasil nelayan untuk dijual ke ibukota kecamatan.

”Umumnya nelayan dan petani di dua desa ini berpenghasilan rendah. Ini perlu dukungan pemerintah untuk memudahkan masyarakat menjual hasil tangkapan mereka sebagai nelayan serta hasil panen petani juga. Jalan ini juga sekaligus untuk mendorong wisatawan melihat keindahan alam di sekitar Singkep Barat,” ucapnya.(Tengku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here