Jalan SP Ambruk, Jalur Alternatif Disiapkan

0
195
PARA pegawai Pemkab Anambas ketika menggelar Goro bersama di Jalan Pasir Merah sebagai akses jalan alternatif setelah ambruknya Jalan SP. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos
Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas memerintahkan, seluruh pegawai yang bekerja dilingkungan kantor Pemerintahan Anambas untuk dapat mengikuti kegiatan gotong royong (Goro) bersama.

ANAMBAS – Goro tersebut, dalam rangka membersihkan akses jalan alternatif yakni Jalan Pasir Merah. Sebab, akses jalan beton Selayang Pandang (SP) oleh gelombang laut.

Sebelumnya, akses jalan di Pasir Merah sangat sepi pengguna kendaraan roda dua untuk memanfaatkannya bahkan sudah semak blukar. Kini, jalan di Pasir Merah harus dimanfaatkan kembali akibat putusnya pelantar beton SP itu.

”Semua pegawai harus ikut gotong royong tanpa terkecuali. Jalan SP putus, kita manfaatkan akses jalan yang lama. Meskipun harus ekstra hati-hati ketika melintas jalan ini, karena terjal dan naik turun gunung,” kata Abdul Haris sebagai Bupati Anambas, Jumat (4/1).

Haris mengakui, pihaknya telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum untuk menambal jalan yang berlubang. Sedangkan, Dinas Perhubungan memasang penerangan jalan di Jalan Pasir Merah.

”Sudah kita perintahkan PU dan Dishub, untuk memperbaiki jalan dan membuat penerangan jalan. Karena kondisi jalan sangat gelap pada malam hari, sementara ada jalan yang terjal dan berlubang,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat, yang memanfaatkan akses Jalan Pasir Merah lebih hati-hati dan bagi kendaran roda empat tidak bisa melintasi jalan tersebut karena jalannya sangat kecil dan terjal.

”Keselamatan lebih penting, dan manfaatkan akses jalan lain sebagai kebutuhan masyarakat,” sebut dia.

Ia tidak menafikan akses jalan menuju Kantor Bupati Anambas yang baru berada di Pasir Peti, bisa menggunakan akses Jalan lingkar Desa Temburun meskipun menempuh jalur memakan waktu yang lumayan lama.

”Sekitar 45 menit sudah tiba di kantor bupati. Biasanya hanya 20 menit, melintasi jalur Jalan SP menuju kantor Bupati Anambas,” ucap dia.

Kencangnya gelombang di perairan laut Anambas, membuat sebagian pelantar beton Selayang Pandang (SP) sebagai akses lalu lintas warga Tarempa menuju Desa Tarempa Timur ambruk.

Bahkan, tiang penyangganya patah dan pelantar kayu Restoran Laluna sebagai tempat parkir pengunjung juga mengalami ambruk pada Kamis (3/1) sore.

Setelah gelombang menghantam pagarnya, kini pelantar beton SP yang ambruk. Akhirnya, terputus akses jalan tersebut namun masih ada jalur alternatif lainnya.

Untuk itu, Jalan Pasir Merah menjadi alternatif meskipun lebarnya kecil dan terjal naik turun.

Sebelumnya, Haris juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap cuaca ekstrim.

Melalui 7 kecamatan yang ada terkait waspada terhadap keadaan cuaca khususnya gelombang laut dan keadaan angin di sekitar perairan Anambas.

”Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa. Adanya fenomena alam, terkait tingginya gelombang yang disertai angin kencang. Imbauan sudah kita sampaikan melalui masing-masing camat,” kata Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, Rabu (2/1)).

Haris mengakui, imbauan tersebut telah diedarkan ke seluruh kecamatan, desa agar masyarakat pengguna transportasi laut dan nelayan waspada.

”Jikapun memang ada yang turun melaut harus apdate tentang keadaan cuaca,” ucap dia.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here