Jalan Wacopek Masih Gelap Gulita

0
163
Jalan dekat kios berada di daerah perbatasan Dompak Tanjungpinang dengan Wacopek Kabupaten Bintan, pemerintah belum dipasang PJU. f-dok/tanjungpinang pos

MBS assalamualaikum, selamat pagi, salam sejahtera. pak gubernur, pak walikota, pak bupati. cuma ingin bertanya persoalan penerangan di jalan raya wacopek – dompak yang menghubungkan kijang – tanjungpinang. melihat jalur itu masih efektif di lalui untuk para pekerja/mahasiswa/i yg pulang jam malam. ketika terus seperti itu tidak memungkinkan akan ada nya tindak kejahatan. terimakasih.
082286896697

Tanggapan:
Tahun ini, Pemko Terima menerima bantuan Rp10 iliar dari Lembaga Pengembang Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia. Dana tersebut untuk digunakan memasang atau memperbaiki penerang jalan umum (PJU) di Kota Tanjungpinang. Masih-masing kelurahan mendapatkan Rp500 juta. Karena di Kota Tanjungpinang ada 18 kelurahan, maka ada dua kelurahan akan mendapatkan masing-masing Rp1 miliar.

Dana tersebut untuk pemasangan PJU di jalan-jalan komplek perumahan atau pemukiman yang ada di Kota Tanjungpinang.

Tujuannya agar tidak ada lagi wilayah pemukiman yang gelap pada malam hari. Ada sebagian bantuan tersebut bakal diperuntuhkan untuk infrastruktur.

Pelaksana oleh pihak dari Lembaga Pengembang Corporate Social Responsibility (CSR) Indonesia, pemerintah daerah hanya mengawasinya.

Dua kelurahan yang mendapat bantuan sebesar Rp1 miliar, yakni Kelurahan Dompak dan Kelurahan Batu IX. 16 kelurahan lainnya, masing-masing hanya menerima bantuan sebesar Rp500 juta.

Sebelumnya, 18 kelurahan mengajukan permohonan bantuan seperti proposal. Dari itu, Lembaga Pengembang CSR Indonesia mengabulkan proposal pengajuan dari masing-masing kelurahan di Kota Tanjungpinang. Pasalnya, wewenang yang menangani hingga melaksanakan kegiatan dari lembaga tersebut.

Dengan adanya bantuan tersebut, kegiatan yang ada di Kota Tanjungpinang tidak lagi tertumpuh pada APBD Kota Tanjungpinang, APBD Pemprov dan APBN saja. Tapi, kegiatan untuk memenuhi serta mendukung pemerintah daerah bisa dikerjakan melalui anggaran CSR dari perusahaan swasta.

Kita harapkan CSR dari perusahaan swasta di Kota Tanjungpinang bisa diterapkan. Soal jalan ke arah Wacopek, belum dipasang tiang PJU dan Pemko akan berkoordinasi dengan Pemprov Kepri, Pemkab Bintan dan PLN Area Tanjungpinang. Karena, yang menyediakan arus atau listrik pihak PLN, sedangkan yang menyediakan tiang.

Ini perlu dilakukan tender dulu, sesuaikan kemampuan ABPD daerah. (dri)

H Surjadi.
Kepala Bapelitbang Kota Tanjungpinang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here