Jalur Perseorangan Optimis Lolos Verifikasi Faktual

0
1061
KOMPAK: Edy Saprani (kiri) dan Edi Susanto.f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Edi Susanto (Edi Cindai) bakal calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang melalui jalur perseorangan atau independen, tetap optimis dokumen dukungan yang diserahkan ke KPU Kota Tanjungpinang, lolos dari tahapan verifikasi faktual.

Alasannya, dokumen dukungan seperti fotocopi KTP, Kartu Keluarga (KK) hingga surat keterangan (Suket) penganti KTP-el diterima hingga diberikan dari masyarakat lengkap.

Artinya, masyarakat yang sudah memberikan kartu identitas seperti itu, bertanda siap dan mau mendukung dirinya bersama Edy Safrani maju di Pilwako Tanjungpinang tahun 2018 mendatang.

Baca Juga :  Pendaftaran Bacaleg Sepi

”Dukungan itu betul-betul ril. Insya Allah bakal lolos, kami bisa mendaftar di KPU mendatang,” kata Edi Susanto, kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (12/12).

Edi mengatakan, pendukung yang menyerahkan fotocopi KK dan KTP Siak sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) di pemilu terakhir, yaitu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Kepri 2015 lalu. Kalau tidak masuk dalam DPT pemilu sebelumnya, pendukungnya merupakan pemilih potensial. ”Jadi, ini perlu dipahami oleh KPU,” ucap Edi.

Ia katakan, pemerintah melalui Kemendagri pernah mengatakan, bagi daerah yang bakal menggelar pesta demokrasi, warganya belum keseluruhan mengantongi KTP Eleketronik (KTP-el), maka masyarakat atau warga masih diperbolehkan menggunakan KK ataupun KTP Siak sebagai dokumen dirinya.

Baca Juga :  Peluang Golput di Pilwako Tinggi

Dan dokumen tersebut bisa dipergunakan untuk memberikan dukungan kepada calon perseorangan, seperti pasangan calon perseorangan Edy Safrani dan Edi Susanto, yang bakal maju sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang tahun 2018 mendatang.

”Kita tau sendiri. Daerah kita ini, masih banyak warga yang belum mengantongi KTP-el,” terang dia.

Apabila KPU Kota Tanjungpinang menetapkan, dirinya bersama pasangan tidak lolos dari tahapan verifikasi, yang disebabkan dokumen dukungan fotocopi KK dan KTP Siak, maka pihaknya akan mengunggat KPUT nanti. ”Upaya kita untuk melakukan sengketa,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here