Jam Kerja Korting 30 Menit, Puasa Jangan Jadi Alasan

0
69
ASN dan pegawai honor di lingkungan Pemkab Bintan mendengarkan arahan dari Bupati Bintan H Apri Sujadi, tentang disiplin kerja selama puasa Ramadan, Selasa (15/5) siang lalu. F-ISTIMEWA

Pesan Bupati Buat ASN dan Pegawai Honor Selama Ramadan

BINTANBUYU – Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pegawai honor, tetap menjalankan tugasnya, di awal puasa Ramadan, Kamis (17/5) ini. Melawan kantuk, lapar dan dahaga sudah pasti. Tapi, mereka sudah mendengar pesan dari Bupati Bintan H Apri Sujadi, dan Wabup H Dalmasri Syam, pada saat doa bersama dan saling bermaafan, Selasa (15/5) siang kemarin.

Bupati Bintan H Apri Sujadi, Wabup H Dalmasri Syam serta Sekda Adi Prihantara menggelar silaturahmi bersama seluruh pegawai ASN dan honorer, di Aula Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Selasa (15/5) sore lalu. Di acara ini, para pegawai mendengarkan tausiah dari Kepala Kantor Kemenag Bintan M Nasir.

Tak hanya tausiah tentang makna dan berkah menyambut Ramadan 1439 hijriah, yang didapatkan para pegawai. Tapi, para pegawai semringah ketika jam kerja dipotong atau dikorting kurang lebih 30 menit setiap harinya, dibandingkan hari kerja biasa.

Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Bintan Irma Annisa. Untuk menyambut Ramadan ini, Pemkab Bintan telah membuat Surat Edaran tentang ketentuan jam kerja dan pakaian kerja, serta cuti bersama menyambut lebaran Idul Fitri 1439 hijriah.

Dalam Surat Edaran diatur, jam pulang kerja dipercepat bagi ASN dan pegawai. Kemudian, jam istirahat kantor ditiadakan. Tapi sebagai gantinya disiapkan waktu untuk aktivitas salat berjemaah secara bergantian. Sehingga jam pulang kantor dapat lebih dipercepat 30 menit, dari biasanya.

Untuk hari Senin sampai dengan Kamis, pegawai masuk pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.30. Sedangkan Jumat, masuk pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.30, dengan waktu istirahat salat Jumat, pukul 12.00 sampai dengan 13.30. Sementara, apel pagi selama puasa Ramadan ditiadakan.

Untuk OPD yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat, seperti Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas, dapat mengatur penugasan para pegawainya.

Bupati Bintan H Apri Sujadi mengajak agar seluruh aparatur pemerintah saling bermaafan, serta membangun kerja sama dan kekompakan. Kemudian, ASN dan honorer mesti banyak bersyukur selama menjalankan puasa Ramadan.

”Nah, sekarang jam kerja kan sudah diberi korting 30 menit. Jangan puasa ini menjadi satu alasan, untuk bermalas-malasan masuk kerja, maupun melayani masyarakat,” demikian dipesankan H Apri Sujadi. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here