Jamaah Haji Kloter I Tiba Dini Hari Ini

0
127
JCH Bintan saat diberangkatkan, baru-baru ini. f-ISTIMEWA

BATAM – Jamaah haji Kloter 01 BTH akan tiba di Bandara Hang Nadim, setelah selesai menunaikan ibadah haji. Mereka berangkat dari Jeddah, Senin (27/8) pukul 14.15 waktu setempat dan diperkirakan akan tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (28/8) pukul 03.15 dinihari. Kloter I itu merupakan jamaah haji dari Tanjungpinang, Natuna, Lingga, Anambas dan Batam.

Ketua PPIH Debarkasi Haji Batam Mukhlisuddin, mengatakan, kloter I itu akan tiba dan akan mereka sambut. Namun dalam sambutannya nanti tidak akan berlangsung lama. Dia meminta agar proses penyambutan dilakukan dengan waktu yang tidak lama.

”Meminta agar proses penyambutan tidak terlalu lama. Alasannya, jamaah sudah merasa letih. Sehingga dinilai paling penting, sambut jamaah dengan senyum, sapa, salam, sopan dan santun (5S),” kata Mukhlisuddin, Senin (27/8).

Disisi lain, dia meminta agar pengamanan terhadap jamaah dilakukan dengan baik. Baik mulai dari pengambilan barang-barang, hingga penyerahan air zam-zam.

”Tingkatkan keamanan agar jamaah merasa nyaman terutama dalam pengambilan barang-barang bawaan dan penyerahan air zam-zam,” imbau Mukhlisuddin yang didampingi Sekretaris PPIH Afrizal.

Diakuinya, mereka secara umum, sudah siap menyambut kedatangan jamaah yang kembali ke tanah air melalui Bandara Hang Nadim. ”Intinya siap menerima dan melayani tamu-tamu Allah saat tiba di debarkasi haji Batam. Kita sudah terima laporan masing-masing bidang. Seperti bidang penerbangan, bidang kesehatan, bidang imigrasi, akomodasi, transportasi, keamanan dan penerimaan jamaah yang sudah siap,” beber dia.

Untuk jadwal kedatangan jamaah dari Arab Saudi sesuai dengan rencana. Hanya kedatangan jamaah kloter 5 yang mengalami perubahan yakni pukul 00.20 wib menjadi 00.40 WIB. Dalam rencana kepulangan ke daerah jamaah asal Tanjungpinang dan Batam langsung pulang.

”Sementara Natuna, Lingga dan Anambas menginap semalam di Arsaram Haji,” beber dia.

Sementara Kabid Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, H Alikek Said mengatakan, Kloter 01 Embarkasi Batam lengkap.

Yang berkurang, dari kloter 4, karena meninggal dunia di rumah sakit Arab Saudi. Jemaah haji Kloter 04 Batam itu, atas nama Zainab Abdus Samad (63) asal Indragiri Hulu, Riau.

216 Haji Tanjungpinang
Sebanyak 216 Jamah Haji Tanjungpinang yang tergabung dalam yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) pertama mulai memasuki embarkasi Batam, dijadwalkan akan tiba di Tanjungpinang, hari ini Selasa (28/8) pukul 09.00 WIB.

Seluruh jamaah haji Tanjungpinang yang masuk Kloter pertama dalam keadaan sehat-sehat semuanya. Dan, sebelumnya, salah satu Jamaah Haji hilang, sudah ditemukan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan, jamaah haji asal Tanjungpinang, bersama dengan 444 jamaah tersebut terdiri dari jamaah (kloter) pertama Embarkasi Batam dijadwalkan akan tiba di Bandara Hang Nadim Batam pukul 03.00 dini hari.

Jamaah haji asal Tanjungpinang bergabung dengan jamaah haji asal Kepri lainnya, yakni jamaah haji asal Natuna 86 orang, Lingga 55 orang, Anambas 43 orang, Batam 40 orang.

”Pak Pj Wali Kota Tanjungpinang yang akan menjemput tamu Allah pulang dari Mekah langsung di Bandara Hang Nadim Batam,” kata Riono, kemarin.

Sambung Riono, sesuai jadwal, Selasa (28/8) pukul 07.30 WIB atau pukul 08.00 WIB, jamaah haji asal Tanjungpinang akan diberangkatkan dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam ke Tanjungpinang.

Dan, dijadwalkan akan tiba pukul 09.00 WIB serta akan disambut para pejabat OPD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD).

”Setelah kita jemput, kita serahkan kepada keluarganya masing-masing. Setelah beberapa hari tiba di Tanjungpinang, baru kita gelar acara penyambutan secara resmi,” ujarnya.

Masih kata Riono, seluruh barang-barang bawaan jamaah haji akan diangkut dulu ke kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang di kawasan Tepilaut.

Kemudian, pihak keluarga mereka, bisa nantinya mengambil di kantor Arsip. Ini dilakukan, sama dengan tahun lalu, dengan tujuan untuk menghindari kemacetan di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang.

”Kalau pengambilan juga kita pusat di pelabuhah, otomatis akan terjadi kecametan panjang,” tegasnya.

Ia juga mengharapkan, keluarga jamaah haji yang akan menjemput keluarganya tetap memarkirkan kendaraan di pelabuhan dengan baik, agar penumpang lainnya tidak terganggu. (mbb/bas/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here