Jampersal Belum Dimanfaatkan Masyarakat

0
190
Rustam membesuk warga mengalami pendarahaan setelah melahirkan. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Ibu hamil yang akan melahirkan dari keluarga kurang mampu, dan tidak memiliki BPJS Kesehatan harus memanfaatkan layanan yang bisa menerima pembayaran Program Jaminan Persalinan (Jampersal) secara gratis.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan dan PKKB Kota Tanjungpinang, Rustam, kemarin. ”Mengingat sampai saat ini masih ditemukan ibu-ibu yang mengeluh tidak mampu membayar biaya persalinan di klinik bersalin swasta atau bidan praktek mandiri yang belum bekerjasama dengan pemerintah,” kata Rustam, kemarin.

Dalam beberapa bulan terakhir, kata Rustam, paling tidak ditemukan dua ibu bersalin yang mengaku kesulitan membayar biaya persalinan di klinik swasta. Tagihannya mencapai Rp 2,25 juta sampai Rp 2,65 juta.

Padahal, sesuai kebijakan Pemko Tanjungpinang sebenarnya setiap ibu hamil harus memiliki jaminan kesehatan. Bagi yang mampu agar mendaftar program BPJS Mandiri dan yang keluarga kurang mampu agar mengurus rekomendasi dari Dinas Sosial agar iuran kepesertaannya bisa dibayar kan oleh Pemko Tanjungpinang.

Tapi kenyataannya, masih ada ibu hamil yang baru melaporkan diri tidak mampu setelah kesulitan membayar biaya saat mau keluar dari fasilitas bersalin.

”Beruntung kalau mereka yang tidak memiliki BPJS Kesehatan tersebut melahirkan di fasilitas yang menerima pasien Jampersal. Kalau tidak tentunya akan menjadi permasalahan tersendiri,” tegasnya.

Ia membeberkan, sudah banyak bidan yang bekerjasama dengan pemerintah tentang pelayanan Jampersal. Sedangkan klinik bersalin swasta yang bekerjasama melayani ibu bersalin dengan pembiayaannya dari jampersal memang belum ada.

Untuk puskesmas, tersedia 4 Puskesmas yang melayani persalinan termasuk pembiayaan jampersal yaitu, Puskesmas Batu 10 pada Pustu Ganet, Puskesmas Melayu Kota Piring pada Pustu Batu Lima (pelayanan bersalin 24 jam), Puskesmas Kampung Bugis (pelayanan 24 jam), dan Puskesmas Pancur (pelayanan persalinan 24 jam).

Untuk pasien bersalin yang memerlukan penanganan di rumah sakit, ketiga rumah sakit di Kota Tanjungpinang menerima pasien dengan pembiayaannya ditanggung Jampersal yaitu RSUD Tanjungpinang, RSUD Provinsi dan RSAL. (bas) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here