Jangan Bakar Pohon di Pinggir Jalan

0
804
MEMADAMKAN API: Tim Dinas Pertamanan saat memadamkan api yang membakar salah satu pohon di Wiratno, Tanjungpinang, belum lama ini. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Masyarakat diminta untuk tidak membakar pohon di pinggir jalan. Dikhawatirkan dapat tumbang karena pohon tidak mampu menahan beban lagi. Hal itu diingatkan Kabid Pertamanan Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang, Yoni Fandri setelah timnya memadamkan api yang membakar salah satu pohon di pinggir jalan Wiratno, Tanjungpinang, Jumat (4/8) kemarin.

Lokasi tak jauh dari kejadian pohon tumbang yang memakan korban pada awal Februari tahuh lalu. ”Kalau dibakar bagian bawah pohon, pasti gak kuat nahan beban. Jadinya rapuh dan bisa saja tumbang,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos.

Baca Juga :  Ruko di Bincen untuk Buka Usaha

Himbauan ini juga berlaku untuk daerah lainnya, seperti di kawasan Kota Lama, Tepilaut, Batu Hitam, Batu 8 dan jalan lainnya. Menurutnya, tidak ada alasanya bagi masyarakat untuk membakar pohon sembarangan. Pertama dikarenakan, bukan bidang teknis untuk dapat menganalisis atau mengetahui kondisi pohon sebelum dan sesudah di bakar. Kedua, bila sembarangan dapat mengganggu Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3) perwajahan kota.

Jika warga ingin meminta pohon di kawasan tersebut ditebang, hendaknya diberi tahu ke pihaknya. Bila tidak sempat ke kantor maka dapat melaporkannya melalui perangkat Ketua RT/RW atau lurah setempat. Bila dinilai membahayakan karena kondisi pohon yang sudah tua, atau ranting yang sudah menjuntai ke jalan maka akan di tebang. Namun bila tidak, maka tidak dapat ditebang sembarang. ”Pohon tersebut memiliki fungsi untuk memberikan rasa rindang bagi pejalan kaki dan pengedara yang melintas,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Diminta Dekat dengan Masyarakat

Ia meminta warga untuk tidak khawatir terhadap pohon-pohon di pinggir jalan, pihaknya rutin mengecek. Jika ada pohon yang tak sesuai standar langsung ditebang. Menghindari hal-hal yang tak diinginkan.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here