Jangan Ceroboh Isi Data

0
691
Rinto Gunawan

Hari Ini, Ujian CPNS KemenkumHAM

Hari ini, Senin (11/9), Calon pegawai Negeri Sipil (CPNS) KemenkumHAM akan mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT). Peserta diingatkan jangan sampai salah mengisi data.

TANJUNGPINANG – HUMAS Kanwil KemenkumHAM Provinsi Kepri, Rinto Gunawan mengatakan, apabila peserta salah mengisi data, maka bisa dipastikan tidak akan lulus. Karena semua data peserta sudah tersimpan dalam program. Sehingga, apabila data yang dimasukkan beda dari data saat mendaftar, maka akan ditolak sistem.

Ia mencontohkan, bila peserta salah mengisi satu nomor kepesertaan, maka tidak akan terbaca sistem. Dengan sendirinya akan gugur. Data saat pendaftaran harus sama dengan data saat ujian baik itu nama, nomor peserta, jurusan yang dipilih, alamat dan dan lainnya. ”Jangan buru-buru mengisi datanya. Harus teliti dan hati-hati. Ini dulu yang terpenting. Bila data salah, maka tidak lulus ke tes berikutnya,” ujarnya saat dihubungi, Minggu (10/9).

Dijelaskannya, ujian CAT hari ini untuk formasi D3 dan sarjana S1. Ujian akan dilangsungkan tiga hari yakni, 11-13 September 2017 di Hotel Comfort Batu 10 Tanjungpinang. Rinto juga meminta peserta agar tidak membawa alat bantu seperti ponsel, tas, sampai dengan jam tangan ke dalam ruangan ujian.

Yang boleh dibawa peserta hanya Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta dan Kartu Nomor Ujian (KNU). Rinto Gunawan menyampaikan, selama ujian para peserta diberikan batas waktu maksimal 90 menit. Kemudian para peserta juga langsung diawasi petugas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Ombudsman dengan jumlah seluruhnya sekitar 11 orang. ”Kita mengimbau para peserta benar-benar matang dan siap. Ingat, jangan buru-buru dan harus teliti serta tenang menghadapi ujian ini,” pesan Rinto yang disampaikan melalui koran ini.

Lebih jelas, Rinto menyampaikan, ketika peserta sudah memasuki ruangan ujian, mereka tidak diperkenankan meninggalkan ruang ujian dan wajib menunggu peserta ujian lainnya selesai. Hari pertama ujian itu, panitia dari Menkumham menyediakan sedikitnya 200 komputer yang sudah terhubung secara online. Para peserta tidak boleh salah memasukkan data, baik itu nomor peserta mengingat jika salah dalam mengisi data, bisa saja terjadi kegagalan. ”Kalau mereka tidak bisa mengisi istilahnya sesuai dengan petunjuk, maka tidak bisa masuk ke tahapan berikutnya. Intinya, kami mengingatkan peserta jangan ceroboh, apalagi salah input data penting,” tambahnya.

Terakhir Rinto menjelaskan, di hari pertama ujian ini akan dilakukan empat gelombang mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan selesai. Para peserta diminta tidak terlambat datang sebelum pelaksanaan ujian digelar. ”Yang paling penting, para peserta ujian harus selalu stand by di tempat. Peserta tidak boleh terlambat, hal ini mencegah supaya tidak mengganggu kelancaran selama ujian berlangsung,” timpalnya.

Tanggal 25 September hingga 3 Oktober 2017 ujian dilanjutkan untuk lulusan SMA sederajat. Ujian akan digelar di Hotel Comfort Batu 12 Tanjungpinang. Sesuai data, jumlah peserta yang lolos administrasi sekitar 4.068 orang baik lulusan S1, D3 dan SMA deserajat. Pihak pengelola Hotel Comfort Tanjungpinang pun sudah mulai mempersiapkan ruangannya.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here