Jangan Curang di Pilpres Nanti

0
300
PIHAK KPU foto bersama usai menyosialisasikan UU Nomor 7 Tahun 2017. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Pesta demokrasi sudah semakin dekat. Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah (Bakedbang PBD) menyosialisasikan UU No.7 Tahun 2017.

Anggota KPU Anambas, M Sani sebagai narasumber mengajak masyarakat tidak melakukan kecurangan saat pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pileg. Apalagi saat ini sudah ada tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang bisa menjerat pemberi dan penerima politik uang (money politic).

”Saya mengajak masyarakat untuk tidak berpolitik uang. Pemberi dan penerima bisa dijerat tim Saber Pungli. Jangan nanti gara-gara uang sedikit malah bermasalah dengan hukum,” kata anggota KPU Anambas, M Sani saat menjadi narasumber sosialisasi, Rabu (28/3) di Anambas Inn.

Sani juga menyampaikan bagi masyarakat yang akan mencalonkan diri sebagai legislatif ada beberapa persyaratan yang bisa diperoleh di KPU.

Bahkan mantan narapidana juga bisa mencalonkan diri namun harus mengumumkan di media cetak dan ada surat dari pengadilan. ”Syarat utama harus tamatan SLTA sederajat, izasah dilegalisir. Bahkan mantan narapidana bisa juga mencalonkan diri namun jika ancaman lima tahun wajib membuat pengumuman dan ada surat dari pengadilan. Jika ingin mendapatkan apa saja persyaratan bisa ke KPU,” katanya.

Sani juga menambahkan, selain dari bebas narkoba dan peserta bakal calon legislatif wajib terdaftar sebagai pemilih. Sebelum mendaftarkan diri sebagai calon, mereka wajib diusung oleh partai yang telah lulus verifikasi KPU. Selain itu para bakal calon wajib memiliki KTP atau Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here