Jangan Galau, Semoga Lulus 100 Persen

0
109
BUPATI Bintan H Apri Sujadi memberikan arahan dan motivasi kepada peserta UNBK SMPN 1 Bintan Timur. f-istimewa

BINTAN – SEBANYAK 2.544 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Bintan melaksanakan Ujian Nasional (UN), Senin (23/4) sampai dengan Kamis (26/4). Bupati dan Wakil Bupati Bintan berpesan agar pelajar dan orang tua tidak galau (risau), doakan semoga lulus 100 persen.

Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Wakil Bupati H Dalmasri Syam meninjau pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs di beberapa sekolah. Di hari pertama kemarin, Bupati H Apri Sujadi meninjau di SMPN 1 dan SMPN 2 Bintan Timur. Sedangkan Wabup H Dalmasri Syam meninjau di SMPN 6 Teluk Bintan.

Saat meninjau, bupati memberikan arahan dan motivasi kepada siswa. H Apri Sujadi berharap pelaksanaan UN tahun 2018 ini berjalan lancar dan tertib, semua peserta bisa lulus 100 persen.

”Tak perlu galau dan risau. Kerjakan setiap soal dengan tenang, periksa dengan teliti kembali, usai mengerjakan soal-soal. Saya mendoakan, tahun ini lulus seratus (100) persen. Semua diharapkan lulus dengan nilai terbaik,” ujar H Apri Sujadi.

Di tempat lain, Wabup H Dalmasri Syam mengingatkan kepada seluruh peserta UN agar melakukan persiapan yang baik, jika ingin sukses dalam menghadapi ujian. Terutama persiapan mental, siap dalam menguasai pelajaran, dan siap mengerjakan soal di ruang ujian. Selama masa ujian, peserta harus banyak istirahat, dan tidak boleh banyak melakukan aktivitas di luar rumah, yang dapat mengganggu jam belajar.

”Selama ujian, harus benar-benar serius dalam mempersiapkan ujian. Walau hasil UNBK ini tidak mempengaruhi nilai kelulusan, namun dapat menjadi rujukan untuk masuk ke sekolah-sekolah favorit. Semoga pelajar kita mendapatkan hasil yang baik,” pesan H Dalmasri Syam.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi mengatakan, jumlah peserta UN tahun 2018 ini sebanyak 2.544 siswa dan siswi. Jumlah itu terdiri dari tingkat SMP sebanyak 2.312 orang, dan tingkat MTs berjumlah 232 orang. Sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 10 sekolah. Sedangkan sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) sebanyak 31 sekolah.

”Tahun 2017 lalu UNBK hanya di 5 sekolah. Itu pun masih menumpang di sekolah SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Bintan. Sedangkan tahun ini, meningkat menjadi 10 sekolah yang melaksanakan UNBK,” sebutnya.

”Kita berusaha terus untuk meningkatkan fasilitas setiap tahunnya, agar nantinya seluruh sekolah mampu melaksanakan UNBK,” tutupnya.

Tiga Sesi
Kepsek SMP Negeri 6 Teluk Bintan Paniran mengungkapkan, jumlah peserta yang mengikuti UNBK sebanyak 63 orang. Pelaksanaan UNBK ini dibagi menjadi tiga sesi, pagi hingga sore. Ujian dilaksanakan selama empat hari, menggunakan fasilitas komputer SMAN 1 Teluk Bintan.

”Walaupun pelaksanaan ujian masih menggunakan perangkat SMAN 1, diharapkan tidak menyurutkan semangat para peserta untuk mengikuti ujian,” sebut Paniran.(YENDI-JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here