Jangan Lupakan Sektor Pariwisata

0
105
WAKIL Gubernur Kepri H Isdianto foto bersama usai menghadiri farewell party (perspisahan siswa SMKN 4 Tanjungpinang di Hotel Kelong Shangrila, Tanjungpinang, Kamis (18/4). F-istimewa/humas pemprov kepri

Wagub Hadiri Perpisahan Siswa SMKN 4 Tanjungpinang

Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Isdianto meyakinkan para generasi muda Kepri bahwa pada akhirnya sektor pariwisatalah nantinya yang akan menjadi penopang ekonomi Kepri.

TANJUNGPINANG – Hal ini dia sampaikan saat menghadiri farewell party SMKN 4 Tanjungpinang di Hotel Kelong Shangrila, Tanjungpinang, Kamis (18/4).

Diakui Isdianto bahwa saat ini Kepri masih memiliki empat potensi besar yang terus bisa digali dan dikembangkan, yakni sektor pariwisata, kelautan dan perikanan, pertanian dan industri.

Hanya saja dari keempat sektor itu, tiga sektor diantaranya akan mengalami defisit bahan baku secara perlahan, yakni perikanan, pertanian dan industri. Kecuali bidang pariwisata yang akan tetap bisa eksis seiring dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

”Saya katakan demikian karena sektor pariwisata kita sangat menjanjikan sekali. Yang penting kita selalu kreatif, inovatif, dan terus mau menggali kemampuan diri dengan meninba ilmu yang bisa dipadukan dengan bidang industri kepariwisataan,” kata Isdianto di hadapan para pelajar SMKN4 yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

”Tidak hanya bagi pelajar di SMKN4 saja, tapi hal ini juga selalu saya sampaikan di sekolah-sekolah yang pernah saya kunjungi. Intinya anak-anak Kepri harus cerdas dan bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada,” kata Isdianto.

SMKN 4 Tanjungpinang sendiri memiliki 4 jurusan unggulan saat ini, yakni tenik komputer dan jaringan, multy media, rekayasa perangkat lunak, animasi. Dan jurusan animasi merupakan jurusan yang belum ada di SMK se-Kepri, kecuali hanya di SMKN 4.

”Dari kreativitas membuat animasi ini, tentu banyak sekali ide-ide yang bisa dikembangkan guna memadukan dengan dunia wisata. Kembangkan terus jurusan ini dan Dinas Pendidikan harus memperhatikan hal ini,” pinta Isdianto.

Acara ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepri M. Dali, Kepala Sekokah SMKN4 Sulasmi, jajaran majelis guru serta undangan yang terdiri dari para orangtua siswa serta instansi terkait.

Kadisdik Kepri M. Dali dalam sambutannya mengatakan jika acara farewell party atau perpisahan itu ibarat awan yang dari ketiadaan, lalu berkumpul membentuk sebuah satu kesatuan, lalu pada akhirnya menguap atau menjadi hujan. Selanjutnya air hujan akan menyebar kemana-mana.

”Saya ibaratkan perpisahan ini seperti awan. Lalu menjadi hujan yang turun kemana-mana, lalu entah menjadi apa. Kita harapkan anak-anak semua diaini setelah keluar dari SMKN4 nantinya menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat banyak,” kata Dali.

Seperti diketahui, Kepri merupakan pintu masuk turis terbesar ketiga di Indonesia setelah Bali dan Jakarta. Tahun 2019 lalu, jumlah turis yang masuk ke Kepri sekitar 2,6 juta jiwa.

Tahun 2019 ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan jumlah turis yang masuk ke Kepri sekitar 4 juta jiwa. Meski berat, namun itu harus terus dikejar.

Jumlah turis paling banyak yang masuk ke Kepri berasal dari Singapura, Malaysia, Cina, India dan beberapa negara lainnya.

Singapura kini dijadikan tourism hub untuk Kepri. Singapura akan dijadikan sebagai negara pintu masuk turis dari berbagai negara ke Kepri. Pihak Kementerian Pariwisata menargetkan turis masuk ke Kepri dari tourism hub ini sekitar 2 juta jiwa.

Sedangkan warga Singapura yang ditargetkan masuk ke Kepri tahun 2019 ini sekitar 2 juta jiwa.

Kepri memiliki banyak destinasi wisata baik itu destinasi wisata sejarah, religi, belanja maupun destinasi pantai. Seluruh daerah di Kepri memiliki keunggulan destinasi wisata masing-masing.

Batam misalnya, selain daerah wisata belanja, banyak juga pantai dan resort. Bintan memiliki kawasan wisata Lagoi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Tanjungpinang juga memiliki destinasi wisata sejarah dan religi yakni Pulau Penyengat. Anambas memiliki lokasi wisata Pulau Bawah,(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here