Jangan Sampai Investor Bawa Berkas Berkoper-Koper

0
591
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun dalam perjalanan meninjau wilayah KEK di Karimun, baru-baru ini.f-istimewa/humas pemprov kepri

JAKARTA – Peluang pengembangan ekonomi Kepri ke depan cukup banyak. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sudah ditetapkan di Kepri. Sejumlah proyek strategis juga sudah disetujui Presiden, salah satunya pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin).

Pesan Presiden ke Gubernur Kepri H Nurdin Basirun agar pemerintah daerah mendukung semua investasi yang masuk. Calon investor jangan sampai membawa berkas berkoper-koper.

Artinya, Presiden minta agar diberi kemudahan bagi investor. Pangkas segala birokrasi. Gubernur mengatakan, pihaknya juga terus mendorong terbitnya banyak keputusan pembentukan KEK di Kepri. Dengan banyaknya KEK, diharapkan investasi yang masuk semakin gencar.

”Kita terus mencari terobosan untuk memperbanyak masuknya investasi di Kepri. Investasi ini yang nantinya akan memacu dan memicu pertumbuhan ekonomi Kepri,” kata Nurdin usai menemui Mendagri di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis (22/3).

Baca Juga :  Lis Darmansyah Ketua Sementara DPRD Kepri

Nurdin mengatakan Kepri adalah masalah Indonesia di kawasan perbatasan. Posisinya yang strategis harus bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian nasional. Hal itu dengan sendirinya akan memberi pengaruh bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejak akhir Februari lalu, sejumlah proyek strategis mendapat restu Presiden Jokowi agar secepat berjalan. Proyek-proyek itu adalah Pembangunan Jembatan Batam Bintan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Sauh, KEK Galang Batang, KEK Pulau Asam, Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, Pengembangan dan Modernisasi Bandara Hang Nadim dan Pembangunan Batam LRT (Light Rapit Transit).

Baca Juga :  Lirik Anambas, Investor Siapkan Rp1,8 Triliun

KEK tersebut, menjadi beberapa program yang terus digesa Nurdin untuk terrealisasi dengan segera. Apalagi, KEK selalu menawarkan regulasi yang menarik banyak minat investor. ”Kita ingin semuanya cepat terwujud. Biar Kepri semakin maju dan semakin sejahtera,” kata Nurdin.

Usai mendapat restu Presiden Jokowi, Nurdin memang langsung melakukan road show ke sejumlah kementerian. Hal ini agar pesan Presiden tentang regulasi yang mendukung investasi segera didapat.

Nurdin menegaskan daerah selalu mendukung percepatan itu dengan regulasi dan mempercepat birokrasi. Apalagi, menurut Nurdin, Presiden berpesan agar jangan sampai investor saat hendak mengurus izin harus membawa berkoper-koper berkas. ”Semua harus simpel, cepat, sesuai ketentuan dan menguntungkan rakyat,” katanya.

Baca Juga :  Agus Wibowo Wajib Diganti!

Nurdin yakin tahap demi tahap perwujudan KEK semakin terlihat. Apalagi, daya saing Kepri diyakini Nurdin terus meningkat. Nurdin memang menginginkan daerah-daerah di Kepri tumbuh beriringan dan saling menopang satu dengan yang lainnya. Bagi Nurdin, yang terpenting investasi bisa terus masuk. (mas/ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here