Jangan Sampai Kapal Tak Bisa Lewat

0
547
Ing Iskandarsyah

TANJUNGPINANG – Pemprov Kepri dan Pemko Tanjungpinang merencanakan membangun jembatan yang menghubungkan Rimba Jaya-Pulau Bayan-Kampung Bugis. panjang jembatannya hampir 1 kilometer. hal ini mendapat respon positif dari anggota DPRD Provinsi Kepri.

”Kami menyambut baik gubernur ikut juga membangun dan mempercantik ibu kota. Sudah menjadi kebutuhan mutlak walikota harus bersenergi dan membangun bersama gubernur. Apalagi gubernur membantu dengan dana APBD provinsi dan mendorong dana pusat (APBN),” kata anggota DPRD Provinsi Kepri, Ing Iskandarsyah, kemarin.

Bakal calon Wali Kota Tanjungpinang ini berharap pembangunan jembatan Marina-Kampung Bugis, tidak hanya sekedar jembatan untuk kendaraan melintas saja. Tapi ada nilai ekonomisnya. Dan tidak mematikan pelaku usaha seperti tukang pompong dari Tanjunginang ke Kampung Bugis. Ini juga harus dicarikan solusinya. ”Jangan pula jembatan dibangun tapi kapal kargo yang akan ke Pelabuhan Batuenam tak bisa lewat pula,” bebernya.

Kata dia, untuk membangun Ibu Kota supaya berkembang adalah kunci nya bersenergi. Namun, ia juga berharap ketika kita ingin bangun ibukota harus melihat berbagai aspek kepentingan dan kebutuhan.

Buat jembatan bukan saja sebagai mempermudah penyeberangan orang dan kendaraaan. Tapi jangan sampai menghalangi jalur kapal. Jangan sampai hanya kapal kecil-kecil saja yang bisa lewat. ”Saya pribadi ingin kapal-kapal besar juga bisa punya akses walaupun ada jembatan nanti,” tegasnya.

Sebab, Jembatan I Dompak terbatas saja kapal kecil yang bisa masuk padahal Teluknya sangat aman untuk labuh kapal. ”Kan banyak teknologi yang bisa membuat jembatan, tapi pondasi tiang di bawanya banyak. ”Jembatan Barelang di Batam, di bawahnya bisa dilalui kapal-kapal besar. Kita ingin jembatan rencananya di bangun di Marina ke Kampung Bugis, bisa dilalui kapal besar di bawahnya,” bebernya.

Ia juga ingin membantu Pemprov dan Pemko, untuk membantu menjolok anggaran pusat. ”Kita ingin Ibukota lebih maju dibandingkan kabupaten dan kota di Kepri,” tegasnya. Kemudian, ia juga mendorong agar pelabuhan Tanjungmoco di Dompak di operasikan.”Nanti kapal-kapal tender atau Pelni bisa merapat di Tanjungmoco, harapan kita ke depanya,” tegasnya.(bas)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here