Jangan Terjerumus Perkembangan IT

0
286
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun main kelereng dengan anak-anak sekolah saat berkunjung ke Desa Tanjung Kelit, Kecamatan Senayang, Lingga, akhir pekan lalu. F-istimewa/humas pemprov kepri

Nurdin Ingatkan Orangtua Awasi Penggunaan Smartphone Siswa

Perkembangan Informasi Teknologi (IT) tidak bisa dibendung. Tidak bisa juga dihindari karena sudah jadi kebutuhan saat ini. Namun, di balik faktor positifnya, ada juga faktor negatif mengiringinya. Karena itu, siswa jangan sampai terjerumus akibat menyalahgunakannya.

LINGGA – Untuk itu, Gubernur Kepulauan Riau H Nurdin Basirun meminta kepada seluruh orang tua agar dapat membina anak-anaknya di jalan yang baik.

Di tengah kompleksitas lingkungan dan berkembangnya teknologi saat ini, orangtua harus semakin jeli memantau anaknya setiap hari. IT misalnya, kata Nurdin, selain berdampak positif tentu dampak yang negatif ikut mengiringi.

Ini yang harus kita hindari jangan sampai anak-anak kita terjerumus ke hal-hal yang negatif dan salah langkah. Kita sebagai orangtua harus mempersiapkan mereka dengan matang dan tepat sasaran,” ujar Gubernur Nurdin dalam tausiyahnya saat Safari Subuh di Masjid Daarul Hikmah, Jl. Engku Aman Kelang, Daik, Kabupaten Lingga, Jumat (9/11) yang lalu.

Teknologi, harus dimanfaatkan untuk kebaikan. Bagi siswa, teknologi harus dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan dan membuka cakrawala yang lebih luas.

Di dunia maya, segala informasi ada. Carilah yang dibutuhkan untuk menunjang pengetahuan agar pendidikan si anak berkembang. Jangan membuka situs yang tidak perlu karena itu bisa jadi jurang yang merusak siswa itu sendiri.

Namun, Nurdin yakin, Kepri memiliki para pemuda yang berbakat yang mampu menghasilkan berbagai prestasi yang membanggakan di semua lini, salah satunya dengan memanfaatkan IT dengan baik dan benar.

Kata Nurdin, siswa di Kepri memiliki prestasi seperti di bidang pendidikan, olahraga juga yang paling utama adalah di bidang keagamaan.

”Tidak ada artinya jika prestasi itu diraih tanpa adanya mental spiritual yang kuat, keagamaan harus ada dan kita kuatkan,” lanjut Nurdin.

Tak lupa, Nurdin mengajak semua jamaah yang hadir untuk senantiasa bersyukur serta memberikan semua kemampuan dan kekuatan yang dimiliki untuk digunakan di jalan Allah.

”Karena pangkat dan jabatan hanya bersifat duniawi. Alangkah baiknya jika kita gunakan kesempatan itu untuk berbuat kebaikan di jalan Allah,” ajak Nurdin.

Kepada anak-anak para generasi muda, Nurdin berpesan untuk dapat terus bersungguh-sungguh dalam belajar mengeyam pendidikan untuk dapat bersaing dan menjadi yang terbaik di masa depan.

”Belajar rajin-rajin nak ye, jaga amanah orangtua, patuhi guru, raih prestasi setinggi-tingginya,” pesan Nurdin.

Saat singgah di Desa Tanjung Kelit, Kecamatan Senayang, Lingga, Nurdin juga menyapa anak-anak yang sedang bermain kelereng. Seperti biasa Nurdin memberikan sejumlah kuis berhadiah untuk mereka.

Bagi Nurdin, bertemu anak-anak itu sangat menyenangkan. Inilah salah satu kesempatan baginya untuk menasihati mereka serta memotivasi agar rajin belajar dan terus menuntut ilmu.

”Belajar yang rajin ye semue, biar besar jadi orang hebat,” pesan Nurdin.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here