Jangan Terlalu Diistimewakan

0
126
Peserta lomba Dragon Boat Race saat lomba di Seicarang. F-dokumen/tanjungpinang pos

MBS. Jangan terlalu mengistimewakan WNA. Belum tentu kita kesana disambut baik mereka. Biasa-biasa ajalah
+6285835944151

Benahi Lokasi Lomba
Kota Tg Pinang boleh berbangga hati karena banyaj event yang diselenggarakan pemerintah pusat dan provinsi. belum lagi acara yang dibuat oleh Pemko seperti Dragon Boat Race dan yang lainnya. Benahi lokasi-lokasi wisatanya karena setiap event selalu banyak turis yang datang dan sangat menguntungkan bagi warga setempat karena setempat.
+6281314992494

TANGGAPAN :
TANJUNGPINANG – Turis sangat membantu perekonomian Kepri. Kementerian Pariwisata RI sudah melakukan kajian terkait belanja wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) yang masuk ke Indonesia.

Dirata-ratakan, belanja turis sehari sekitar Rp 1,5 juta dan belanja wisnus sekitar Rp 500 ribu sehari. Namun, ada juga kajian lain yang memperkirakan, belanja turis Australia, Amerika Serikat dan Eropa sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta sehari.

Kemudian, belanja turis Malaysia dan Singapura serta turis Asia lainnya sekitar Rp 2 juta sehari. Di Indonesia, rata-rata long stay turis dua hari.

Jika dilihat dari angka pertama, kunjungan wisman ke Kepri tahun 2016 sebanyak 1.920.232 kunjungan yang menyumbang devisa sebesar Rp 2,88 triliun.

Sedangkan angka kunjungan wisnus pada tahun 2016 di Kepri sebanyak 2.891.123 kunjungan yang menyumbang devisa sebesar Rp 1,445 triliun. Sehingga devisa dari sektor pariwisata di Kepri pada tahun 2016 sebesar Rp 4,3 triliun.

Untuk tahun 2017 diasumsikan angka kunjungan wisman mencapai 2,1 juta jiwa. Maka turis akan menyumbang devisa sebesar Rp 3,15 triliun.

Sedangkan asumsi untuk angka kunjungan wisnus mencapai 3,5 juta jiwa. Maka akan menyumbang devisa sebesar Rp 1,7 triliun. sehingga devisa dari sektor pariwisata di Kepri pada tahun 2017 diperkirakan sebesar Rp 4,8 triliun.

Adapun devisa dari sektor pariwisata dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat di Kepri seperti perotelan, entertainment, kuliner, fashion, UMK, transportasi (taxi), tukang parkir, masyarakat dan lain-lain.

Itu perhitungan dengan asumsi besaran angka perkalian untuk per orang wisman sebesar Rp 1,5 juta dan asumsi besaran angka perkalian untuk per orang wisnus sebesar Rp 500 ribu.

Apabila menggunakan angka yang kedua, maka devisa yang disumbang turis dan wisnus di Kepri akan lebih besar. Turis ke Kepri sekitar 80 persen dari Singapura, Malaysia dan Asia lainnya. Sekitar 20 persen dari Eropa, Australia hingga Amerika Serikat.

Jika jumlah turis 2017 nanti 2,1 juta jiwa maka 80 persen dari angka ini sekitar 1,6 juta jiwa dengan belanja sekitar Rp 2 juta sehari atau sekitar Rp 3,2 triliun. Jika rata-rata turis tinggal 2 hari, maka membelanjakan uang sekitar Rp 6,4 triliun.

Kemudian, belanja turis Eropa dan lainnya 20 persen atau sekitar 400 ribu dengan belanja Rp 5 juta sehari, maka total uang yang dihabiskan sekitar Rp 2 triliun sehari atau sekitar Rp 4 triliun dua hari.

Sehingga, belanja yang dihabiskan turis di Kepri selama tahun 2017 sekitar Rp 10,4 triliun. Ditambah belanja wisnus, sekitar Rp 1,7 triliun totalnya menjadi sekitar Rp 12,1 triliun. Angka ini masih perkiraan dan bisa lebih besar lagi atau lebih kecil.

Adapun biaya-biaya yang harus dikeluarkan turis misalnya, ongkos pesawat, ongkos kapal, pas masuk pelabuhan, pajak, biaya makan, biaya minum, hotel, hiburan, belanja, suvenir dan lainnya.

Angka ini tidak jauh beda belanja pemerintah di Kepri yang mencapai Rp 13 triliun. Karena itulah, bidang pariwisata menjadi sektor yang terus digenjot pemerintah agar bisa mendatangkan turis sebanyak-banyaknya.

Berbagai cara dilakukan baik dengan membenahi destinasi wisata yang baru, menambah jumlah destinasi, promosi hingga menggelar event sebanyak-banyaknya.

Buralimar mengatakan, destinasi wisata di Kepri tidak banyak berubah dan tidak banyak destinasi yang baru. Sementara event yang digelar setiap tahun semakin banyak.

Seperti tahun 2017, event wisata baik skala nasional dan internasional sekitar 80 event. Tahun 2018 ini ditingkatkan lagi menjadi 110 event di luar event yang akan digelar Badan Pengusahaan (BP) Batam. (mas)

Buralimar Kadis
Pariwisata Pemprov Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here