Januari, Sudah Bisa Lelang Proyek

0
536
GUBERNUR Kepulauan Riau (Kepri) DR.H Nurdin Basirun menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta, Selasa (11/12). Tahun ini, jumlah DIPA yang diterima 8 instansi pemerintah daerah di Kepri meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. DIPA Kepri tahun ini Rp8,902 triliun. f-istimewa/humas pemprov kepri

TANJUNGPINANG – Gubernur H. Nurdin Basirun meminta kepada semua jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri untuk terus melakukan crosscheck terhadap setiap pekerjaan yang tertera dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) Di Tahun 2019. Hal ini perlu dilakukan agar selalu tepat sasaran.

“Agar setiap rupiah yang keluarkan benar-benar terfokus kepada kesejahteraan masyarakat di semua bidang dan lini, merata serta terstruktur,” ujar Nurdin saat menyerahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun Anggaran 2019 di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (31/12/2018).

Dalam penyerahan DPA Tahun Anggaran 2019 tersebut, Gubernur Nurdin didampingi Wakil Gubernur H. Isdianto menyerahkan secara simbolis kepada masing-masing Kepala OPD, disejalankan pula dengan penandatanganan Perjanjian Kerja dan penyerahan SK Gubernur tentang pengguna anggaran kepada seluruh OPD dan SK Gubernur tentang Pengelola Keuangan Dana Dekonsentrasi APBN 2019.

Baca Juga :  Danrem Canangkan Zona Bebas dari Korupsi

Nurdin melanjutkan, untuk mewujudkan keberhasilan penyelesaian pekerjaan tersebut diharapkan semua jajaran terkait didalam OPD untuk juga melakukan pengawasan yang terarah, agar pekerjaan senantiasa sesuai dengan koridor hukum dan aturan yang berlaku.

“Selesainya pekerjaan bukan hanya terfokus dengan output namun juga outcome nya apa harus didapat,” lanjut Nurdin.

Nurdin juga kembali menceritakan penekanan dari pesan Presdien RI Jokowi saat penyerahan DIPA Tahun 2019 adalah pastikan setiap rupiah betul-betul digunakan untuk kepentingan rakyat, jangan adalagi korupsi, pemborosan dan perbuatan menyimpang lainnya.

Baca Juga :  SMSI, Mahasiswa dan Pemerintah Teken Fakta Integritas

Dirinya  berharap hal tersebut tidak terjadi dilingkungan Provinsi Kepri.

Dengan telah diserahkannya DPA tersebut, Nurdin mengharapkan kepada semua OPD dapat mulai berjalan sesegera dan sedini mungkin guna pencapaian target dan program kerja di tahun 2019.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri H. TS Arif Fadillah dalam laporannya mengatakan bahwa APBD tahun 2019 yang telah ditetapkan berdasarkan Perda Nomor 6 Tahun 2018 tersebut proses penyusunannya dilakukan berdasarkan mekanisme dan sesuai dengan kaidah aturan yang telah ditentukan.

“Alhamdulillah penyelesaian APBD TA 2019 dapat tercapai tepat waktu berkat kerja keras semua pihak yakni TAPD, Pejabat perencana dan semua OPD, serta bimbingan dan arahan dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, juga tidak lupa jajaran DPRD yang ikut bersama-sama menyelesaikan APBD TA 2019,” ujar Arif.

Baca Juga :  Mari Saling Mengingatkan untuk Kemajuan Kepri

Secara ringkas, Sekda Arif menjabarkan rincian dari susunan APBD TA 2019 yang berjumlah Rp.3,659 Triliyun serta menjabarkan pagu anggaran dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah yang melaksanakan belanja langsung maupun belanja tidak langsung.

“Semoga langkah administrasi awal ini merupakan hal yang baik dalam menunjukan kinerja yang lebih baik ditahun 2019,” lanjut Arif. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here