Jaringan Internet Terganggu 7 Jam

0
74
PEMBANGUNAN tower Telkomsel di Natuna, beberapa waktu lalu. f-istimewa

Fiber Optik Batam Putus

Komunikasi data di Kepri mengalami gangguan hingga tujuh jam lamanya, Kamis (6/12) dari siang sampai sore. Sedangkan komunikasi voice (suara) tetap bisa.

TANJUNGPINANG – TERGANGGUNYA layanan ini sepertinya hanya dialami beberapa operator telekomunikasi saja. Namun pelanggan Telkomsel paling banyak mengeluhkan hal ini.

Gangguan ini terjadi akibat sistem jaringan layanan IP Transit yang terpusat di Kota Batam untuk wilayah Sumatera.

Informasi ini disampaikan Iskandar Zulkarnaen, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Kepri.

”Masalahnya itu ada di IP Transit fiber optiknya terganggu. Up streaming-nya bermasalah, belum ada informasi lanjutan tentang kembali normal,” ujar Iskandar kepada Tanjungpinang Pos, kemarin sore.

Iskandar menyebutkan, bahwa gangguan tersebut terjadi sejak pukul 11.30 WIB khusus di wilayah Kepri. Dan hampir seluruh jaringan pelanggan Telkomsel terganggu.

”Gangguan ini seluruh Sumatera kecuali Jawa,” jelasnya.

Kenapa di Kepri tidak dapat berfungsi sama sekali, karena hub IP transit, fiber optik tersebut memang keberadaannya khusus wilayah Sumatera adanya di Kota Batam. Sejauh ini, pihak manajemen Telkomsel belum memberikan informasi kapan akan kembali normal.
”Keluhan ini sudah disampaikan ke Jakarta,” jelasnya.

GM ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri saat dikonfirmasi, menyampaikan bahwa Fiber optik putus, tapi itu sudah clear dan sedang proses perbaikan di sistem.

Gangguan jaringan internet ini tidak hanya terjadi di Kepri, melainkan di wilayah Riau, Padang, Sumbar, Medan dan Sumut. Diperkirakan gangguan tersebut sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB.

Atas kejadian itu, dia meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan layanan internet. Kini perusahaan masih berusaha untuk mengembalikan layanan agar dapat normal kembali.

Halmoan, salah satu warga Ganet Tanjungpinang sempat gelisah karena tidak bisa melihat gambar dan video di smartphone miliknya. Ia mengira habis paket. Padahal baru dua hari diisi. Ternyata karena jaringan internet terganggu.

Jaringan 3G dan 4G Putus
Jaringan Telkomsel 3G dan 4G di Natuna mengalami gangguan selama beberapa jam, Kamis (5/12). Akibatnya banyak kegiatan masyarakat yang terganggu. Gangguan ini terjadi di Natuna sejak sekitar pukul 11:40 WIB dan hingga berita ini dibuat gangguan tersebut belum normal seperti biasa.

Dengan kejadian ini masyarakat tidak bisa mengakses jaringan internet melalui ponseldan perangkat teknologi informasi lainnya yang mereka miliki.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika membenarkan kondisi itu. Ia mengatakan gangguan ini terjadi karena jaringan Telkomsel untuk 3G dan 4G mengalami gangguan di wilayah Sumbagut dan Sumbagteng.

”Ya betul, jaringan Sumbagteng dan Sumbagut memang terganggu. Bukan kita di Natuna saja,” kata Darmika di kantornya, melalui telepon.

Ia mengaku belum mengetahui secara persis jenis kerusakan yang terjadi saat ini karena belum ada informasi pasti dari pihak Telkomsel.

”Kami baru menerima permohonan maaf saja dari Telkomsel atas gangguan ini. Mengenai kerusakan, kami belum tahu persis, tapi suspect-nya ada kabel yang putus,” jelas Darmika.

Gangguan ini membuat sejumlah pekerja di Natuna kebingungan, terutama sekali mereka yang memiliki pekerjaan yang berkenaan dengan jaringan internet.

”Wah, payah ini. Gak bisa ngirim permintaan barang. Lama juga gangguannya ya,” kata Ade, warga Ranai yang bekerja sebagai pedagang online.

Hal yang sama juga diakui Ali, ia mengaku tidak bisa menyampaikan laporan internal ke lembaga usahanya karena kondisi jaringan yang sama.

”Saya juga bingung ni. Laporan belum dikirim, jaringannya mati pula,” timpal Ali.

Namun syukur jaringan internet wifi masih bisa diakses oleh masyarakat. Mereka menggunakan jaringan ini dengan cara menumpang internet di tempat-tempat yang tersedia layanan wifi.

”Ramai lah kedai-kedai yang ada wifinya. Tapi wifi bakal kurang kuat juga jadinya karena kebanyakan pengguna,” ungkap Adi, warga lainnya.(SUHARDI-HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here