Jaringan Telekomunikasi Lelet, Pasar Tani Sepi

0
522
SEPI PELANGGAN: Suasana pujasera Pasar Tani Toapaya Bintan semakin sepi pelanggan, akibat sinyal Telkomsel lelet, Jumat kemarin. F-jendaras/TANJUNGPINANG POS

TOAPAYA – Jumlah pengunjung pujasera Pasar Tani di Kecamatan Toapaya, semakin sepi. Meski berada di lintasan jalan nasional Lintas Barat, tapi pengunjung enggan nongkrong atau duduk ngopi di tempat tersebut. Karena, jaringan telekomunikasi lelet.

Ari, seorang pengunjung yang berada di Pasar Tani mengatakan, dirinya cukup jarang duduk atau ngopi di pujasera tersebut. Alasannya, selain sinyal telepon seluler tidak bagus, tempat tersebut juga tidak menyediakan fasilitas wi-fi. ”Paling kalau ke sini, hanya mampir sebentar atau kepepet usai salat Jumat. Kalau berlama-lama di sini, nanti ada yang telpon sinyalnya putus-putus. Sinyal internet pun sangat lemah,” katanya, Jumat (15/9).

Ia menambahkan, meski bukan merupakan kebutuhan pokok, namun sinyal telepon seluler sangat penting bagi orang yang sedang santai dan ngopi. Karena itu merupakan sarana komunikasi. ”Kadang orang telpon, hape saya seperti tak aktif pas ngopi di sini. Begitu juga untuk kebutuhan sosial media sering pending. Jadi kan harus cari tempat ngopi di tempat lain,” ucapnya.

Ujang seorang pedagang membenarkan kondisi tersebut. Menurutnya, apabila listrik padam seluruh operator telepon seluler malah tidak ada sinyal. ”Kadang kan orang ngeluh juga ke saya. Katanya, kok sinyal tak ada atau lemah. Jadi mereka hanya ngopi saja habis itu pulang,” jelasnya.

Ia sangat mengharapkan pemerintah memperhatikan kondisi sinyal atau fasilitas wifi di pujasera Pasar Tani Toapaya. ”Kalau duduknya lama, ada saja yang laku, entah makan atau nambah minum. Kalau sebentar saja yang datang pasti lebih sedikit belanjanya,” tambahnya.

Tahun 2016 lalu, Bupati Bintan H Apri Sujadi yang mengeluh dengan jaringan telkomsel, ketika berada di jalur jalan nasional Lintas Barat. H Apri Sujadi sudah meminta agar operator telkomsel maupun jaringan telekomunikasi lainnya, memperhatikan pelayanan ini.

”Jangankan di Pasar Tani, di pusat pemerintah kantor Bupati Bintan saja lelet. Kita minta pihak operator telkomsel, XL atau yang lainnya memperhatikan sistem jaringan ini. Tapi, belum ada perkembangan,” ujar bupati, belum lama ini. (aan/fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here