Jelang Akhir Tahun, Harga Barang Naik

0
807

KARIMUN – Tiga pekan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, harga barang di pasar tradisional Karimun mulai merangkak naik. Meskipun mengalami kenaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun menjamin ketersediaan bahan pangan cukup.

Pantauan harga barang pokok di Pasar Puan Maimun, Rabu (13/12), bahan pokok yang mengalami kenaikan diantaranya telur ayam ras yang sebelumnya Rp 38 ribu naik menjadi Rp 42 ribu per papannya.

Selain itu, beberapa jenis beras juga mengalami kenaikan dan setiap jenis beras naik sekitar Rp 500 hingga seribu rupiah. Sementara, minyak goreng curah yang sebelumnya Rp 11 ribu juga naik menjadi Rp 12 ribu. Untuk harga ayam potong juga ikut mengalami kenaikan yang sebelumnya senilai Rp 29 ribu naik menjadi Rp 30 ribu per kilogramnya serta ayam bulat yang sebelumnya Rp 30 ribu naik menjadi Rp 35 ribu.

Baca Juga :  Tembak Ditempak Pengedar Narkoba!

Sedangkan cabai merah yang sebelumnya berkisar diharga Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogramnya saat ini turun menjadi Rp 48 ribu per Kg. Begitu juga dengan cabai rawit yang sebelumnya Rp 40 ribu saat ini turun menjadi Rp 36.000 per kilogramnya. Untuk bawang merah, bawang putih, tomat, kentang dan beberapa lainnya diketahui masih stabil.

Menurut para pedagang, terjadinya kenaikan harga karena dipengaruhi faktor cuaca (untuk distribusi) serta pengaruh momen Natal dan tahun baru. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun Muhammad Yosli memperkirakan, bahan pokok di Karimun pada masa Natal dan tahun baru 2108 aman.

Baca Juga :  Harga Daging Merangkak Naik

Bahkan, Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menjamin ketersediaan sembako di masa pergantian tahun itu. ”Para distributor menyampaikan ketersediaan stok aman. Dan, khususnya harga beras mereka menjamin tidak akan naik,” kata Yosli.

Dinas Perdagangan juga telah berkorrdinasi dengan instasnsi terkait, dengan pasokan dan kelancaran bongkar muat di Pelabuhan Parit Rempak dan Tanjungbatu. Instansi-instansi tersebut diantaranya adalah, Dinas Perhubungan, KSOP, BUP, Pelindo serta agen-agen kapal. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here