Jelang Akhir Tahun, Stok Pangan Aman

0
480
CEK STOK: Tim gabungan Polres Anambas serta Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Anambas saat mengecek stok pangan di toko. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian memastikan stok bahan pangan untuk Kabupaten Anambas aman hingga akhir tahun. Sebab, pekan depan tepatnya Rabu (20/12) kapal Tol Laut tiba di Anambas dengan membawa persediaan sembako dan barang-barang kebutuhan lainnya.

Selain stok bahan pokok dinyatakan cukup, maka harga pun dipastikan tidak akan naik. Hal tersebut diungkapkan pada rapat koordinasi ketersedian pangan, oleh pihak Dinas Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian bersama pihak Polres Anambas di Mapolres, Rabu (13/12).

Kapolres Anambas AKBP Junoto SIK menyebutkan, usai menggelar rapat Tim Gabungan antara pihak Kepolisian dan Pemerintah Daerah sekitar Pukul melaksanakan inspeksi dan pengecekan di sejumlah toko dan agen besar di Kota Tarempa.

”Ada enam toko dan agen besar di Kota Tarempa, yang kita datangi dan laksanakan pengecekan. Toko-toko itu antara lain yakni toko Citra Mandiri, toko Napada, toko mulia, toko viola, toko afrika dan toko menanti. Hasilnya cukup menggembirakan, bahwa ketersediaan sembako aman hingga hari Natal dan tahun baru 2018 mendatang,” sebut AKBP Junoto SIK, Kamis (14/12).

Junoto menjelaskan, stok sembako di toko-toko itu rata-rata mencapai beberapa ton. Seperti di toko citra mandiri, untuk stok beras mencapai 7,5 ton berikut juga dengan toko lainnya.

Kendati demikian, diprediksi akan ada kenaikan dari beberapa bahan pokok seperti bawang merah, telor, cabai. Sebab, meningkatnya daya beli masyarakat sebelum Natal dan tahun baru tanpa adanya stok yang mencukupi. ”Ini masih wajar, dan harga masih terjangkau oleh masyarakat,” jelasnya.

Masih kata Junoto, untuk pengecekan dan pemantauan harga sembako akan dilaksanakan secara berkesinambungan bersama instansi terkait. Tujuannya untuk mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga sembako serta penumpukan barang oleh distributor.

Armon, Kasi Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian mengungkapkan, tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) telah ada dari provinsi Kepri. Namun, untuk Anambas tidak bisa sama dengan kabupaten/kota lainnya. Hal ini disebabkan, karena faktor geografi dan transportasi.(end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here