Jelang Hari Pahlawan, Pemprov Gelar Jalan Sehat

0
384
GERAK JALAN SEHAT: Sekdaprov Arif Fadillah ikut gerak jalan sehat menyambut hari Pahlawan, Minggu (5/11). f-endang/mahasiswa magang

TEPILAUT – Menjelang Hari Pahlawan 10 November mendatang, Dinas Sosial dan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepri menggelar jalan sehat. Jalan sehat kebangsaan digelar di depan Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (5/11).

Peserta gerak jalan berasal masyarakat, komunitas dan pegawai pemerintahan termasuk TNI/Polri dan veteran. Acara gerak jalan santai ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Kepri. ”Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan,” kata Sekdaprov H TS Arif Fadillah saat membuka jalan sehat kebangsaan yang juga di ikuti puluhan Kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Pemprov Kepri.

Mantan Sekda Karimun ini mengajak masyarakat untuk sama-sama berdoa para pahlawan yang telah berjuang untuk NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Ia juga membeberkan 9 November mendatang bersejarah bagi masyarakat Kepri. Karena Sultan Mahmud Riayat Syah (SMSR) II akan mendapatkan gelar pahlawan nasional asal Kepri. Sampai sekarang ini sudah ada tiga pahlawan nasional dari Kepri, yakni Raja Haji Fisabilillah dan Raja Ali Haji dan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMSR) II.

Raja Haji Fisabillah adalah pemimpin Kerajaan Johor-Riau dalam memenangi perang Riau. Dalam perang tersebut Belanda mengalami kerugian baik jiwa dan harta dalam jumlah yang sangat besar mengakibatkan armada Belanda harus menarik diri dari tanah Riau (kini Kepulauan Riau).

Raja Ali Haji ialah penulis Gurindam Dua Belas yang hingga kini dikenal sebagai karya sastra yang tinggi nilainya. Raja Ali Haji dilahirkan di Pulau Penyengat. Sementara itu, Kepada Dinas Sosial Kepri Doli Boniara menuturkan, isi kegiatan ini adalah doa terutama kita sebagai generasi penerus bisa mengisi kemerdekaan dengan berbagai cara. Dengan cara mengisi pembangunan di Kepri.

Ia minta para pemuda jangan sampai mensia-siakan para pejuang yang telah berkorban demi kemerdekaan RI. ”Harapan kita, ke depan kegiatan besar seperti ini harus terus digelar,” beber Doli.

Fitri salah satu peserta gerak jalan santai mengatakan sangat senang ia bisa mengikuti event tersebut. ”Kita senang bisa ikut, sekali olahraga kita juga mengharapkan dapat doorprizenya,” bebernya.

Sely salah satu peserta menjelaskan selain ia ikut gerak jalan santai juga diikuti para veteran. iantaranya, Mayor Laut (Purn) Dr E.W Papilaya SH,MA. Ia memeriahkan gerak jalan santai dengan menyumbangkan satu lagu. Meskipun ia sudah veteran tapi semangatnya mengajak pemuda untuk tetap mengisi kemerdekaan dengan cara membangun Kepri melalui kegiatan positif dan bergunan bagi masyarakat. (Endang – Norevtiana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here