Jelang Idul Fitri, Nelayan Dapat Alat Tangkap

0
290
ANGGOTA DPRD Karimun Ady Hermawan menyerahkan simbolis jaring ikan kepada nelayan di Desa Tanjung Batu Kecil, Karimun. f-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Tiga pekan menjelang hari Raya Idul Fitri 2018, nelayan di Desa Tanjung Batu Kecil menerima bantuan alat tangkap ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karimun.

KARIMUN – Bantuan tersebut, merupakan hasil reses DPRD Karimun tahun 2017.

”Tahun ini kembali diserahkan alat tangkap ikan berupa jaring kepada kelompok nelayan. Dengan harapan, sebelum hari Raya Idul fitri alat tersebut dapat digunakan melaut mencari ikan dengan hasil memuaskan. Sehingga keperluan hari Raya Idul Fitri dan keperluan sekolah terpenuhi,” kata Anggota DPRD Karimun, Ady Hermawan.

Alat tangkap ikan diberikan atas permintaan nelayan, disampaikan saat kegiatan reses dewan dan ketika bertemu di beberapa kesempatan karena desakan dari masyarakat. Pada pembahasan APBD 2018 tahun lalu, DKP Karimun menyediakan pagu anggaran pengadaan alat tersebut.

Kemudian dari pada itu, alat tangkap ikan diberikan untuk menjadikan nelayan mandiri tidak lagi tergabung dengan kelompok. ”Sehingga pendapatan harus dibagi rata setiap pulang melaut, kemampuan nelayan mencari ikan tidak perlu diragukan. Hanya mengalami keterbatasan modal membeli alat tangkap ikan,” tambah Ady Hermawan

Sebelum diserahkan langsung kepada nelayan, alat tangkap ikan tersebut terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan. Apakah sesuai dengan permintaan nelayan atau tidak, sehingga saat diberikan nelayan tidak kecewa.

”Tidak sulit membantu kelompok masyarakat, seperti petani dan nelayan. Apa yang diminta, berikan. Meskipun dengan bertahap, namun perlu ditegaskan bahwa penerima bantuan tidak dibenarkan menjual alat tangkap ikan yang diterima,” tegas Ady Hermawan mengingatkan.

Menurutnya, alat tangkap yang diberikan merupakan bantuan yang bertujuan, untuk meningkatkan produksi ikan tangkap dan peningkatan perekonomian bagi nelayan itu sendiri. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here