Jelang Imlek, BC Perketat Pengawasan Pelabuhan SBP

0
590
OKA Setiawan Kasi Pelayanan dan Humas Kantor BC Tanjungpinang memberikan keterangan pers, dalam upaya pengamanan imlek di kawasan pelabuhan SBP, kemarin. f-raymon/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – KANTOR Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang memperketat pengawasan lalu lintas barang dan orang di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) dan bandara. Upaya ini dilakukan untuk pelayanan wisatawan di Kota Tanjungpinang dan sektar pasar Jalan Merdeka, dalam suasana menyambut perayaan Imlek.

Kasi Pelayanan dan Humas Oka Setiawan mengatakan, Pelabuhan SBP dan Bandara RHF di Tanjungpinang, diperkirakan jumlah penumpang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Maka risiko penyelundupan barang-barang terlarang seperti narkoba, barang-barang yang dilarang masuk pun diperkirakan turut meningkat.

Baca Juga :  Kontraktor Gesa Pembangunan Astaka MTQ

”Pengamanan barang-barang masuk, kita perketat pengamanan di pelabuhan dan barang-barang masuk dari luar negeri,” kata Oka, saat memberikan keterangan pers, Kamis (1/2) kemarin.

Oka menyebutkan, penguatan pengamanan dan penjagaan ditandai dengan penambahan personel di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Pelabuhan Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi dan Pelabuhan Pelni Kijang. Jika hari biasa, pihak BC menurunkan empat orang untuk melakukan penjagaan. Namun jelang Imlek ini, pihaknya menambah personel di setiap pelabuhan.

Hanya saja, katanya lagi, untuk Pelabuhan Pelni Kijang hanya ada untuk kedatangan dan tidak terlalu rutin. Sedangkan yang rutin setiap hari itu, di Pelabuhan SBP Tanjungpinang dengan BBT Lagoi. Dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bea Cukai Tanjungpinang sangat terbatas. ”Selain pengawasan, juga dilakukan patroli keliling mengawasi kapal-kapal yang masuk,” ucapnya.

Baca Juga :  Satpol PP Persuasif Penertiban PKL

Oka menuturkan, dalam mengawasi barang barang yang masuk pihaknya sudah dilengkapi dengan x-ray untuk mendeteksi barang bawaan para penumpang. Menurutnya, tidak hanya Bea Cukai Tanjungpinang yang melakukan pengamanan untuk memperketat jalur masuknya barang dan orang.

”Kita bersibergi bersama dengan pihak terkait untuk memberantas maraknya narkoba masuk ke Tanjungpinang. Kemudian, pengawasan ini kita jalankan untuk memberikan kenyamanan bagi turis yang menikmati suasana imlek di pasar Jalan Merdeka dan sekitarnya,” ujarnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here