Jelang Lebaran, Daya Beli Masih Rendah

0
276
BEBERAPA warga saat membeli hape di salah satu konter seluler. F-ISTIMEWA

Meskipun dana Tunjangan Hari Raya (THR) telah diterima karyawan perusahaan swasta dan pegawai pemerintahan, tetap saja daya beli masyarakat di pasar masih rendah, selain kebutuhan pokok keperluan jelang Ramadan.

KARIMUN – ”Kalau dilihat daya beli masih rendah, dan kondisinya tidak sama seperti beberapa tahun lalu. Kami mampu memasok dalam bulan Ramadan, atau sepekan menjelang Lebaran Idul fitri. Mampu menjual sepeda motor mencapai ratusan unit. Kalau saat ini hanya puluhan, itu pun sulit,” kata Bakti, pelaku usaha diler sepeda motor di Karimun, Minggu (10/6).

Hal senada disampaikan Kahar, pedagang hape yang mana lebaran tahun lalu beberapa hape merek smartphone perharinya bisa terjual mencapai belasan unit.

”Tahun ini, menjual 1 unit smartphone satu hari kadang sulit bahkan pernah satu minggu ini tidak ada yang terjual,” terang dia.

Rendahnya daya beli, membuat beberapa hape smartphone berbagai merek menawarkan diskon setiap pembelian satu produk, dan tetap saja itu tidak mampu menarikkan daya beli masyarakat.

Bahkan, mereka enggan datang menanyakan produk terbaru ke toko sekedar bertanya pun enggan. Di tempat terpisah, Joni pedagang pakaian di jalan Nusantara juga mengeluhkan hal serupa.

Hingga sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri daya beli masih rendah, padahal karyawan sudah menerima THR dan hal sama juga berlaku bagi ASN.

”Kami lebih mengutamakan keperluan sekolah, baju, buku dan alat tulis anak anak. Kemudian satu pasang baju dan celana, sandal dan sepatu lebaran. Dengan total biaya per anak Rp1 juta. Jika 2 anak, berarti Rp2 juta. Belum keperluan lainnya. Sedangkan THR di kisaran Rp3 juta saja,” kata Lina, seorang ibu rumah tangga.

Jadi, hal tersebut wajar terkait rendahnya daya beli di sektor perdagangan. Sebab, lebaran Idul fitri tahun ini bersamaan dengan tahun ajaran baru 2018/2019. Sehingga, masyarakat lebih mengutamakan kepentingan pendidikan. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here