Jelang Lebaran, Jangan Tumpuk Sembako

0
632
PENGHARGAAN: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menerima penghargaan dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito di Semarang, Jateng, Rabu (3/5). F-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Terima Penghargaan Perlindungan Konsumen

Dinilai peduli konsumen atau masyarakat dalam hal ketersediaan pasokan makanan, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menerima penghargaan dari Peduli Konsumen di Semarang dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito.

JATENG – PENGHARGAAN ini diserahkan menteri, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5). Gubenur mengatakan, masyarakat selaku konsumen jangan dikorbankan terlebih saat menjelang hari raya besar keagamaan.

Karena itu, ia berpesan kepada para pengusaha untuk tidak melakukan penumpukan sembako dan barang lainnya. Apalagi menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini.

”Saya akan awasi secara ketat. Saya harap tidak ada yang melakukan penumpukan sembako dan barang kebutuhan pokok lainnya,” kata Nurdin usai menerima Penghargaan Peduli Konsumen di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5).

Nurdin juga minta instansi terkait di kabupaten kota untuk melakukan pengawasan yang sama.  Gubernur mengatakan, dia akan sering turun ke lapangan untuk memastikan pasokan sembako benar-benar aman. Jika benar-benar ada kendala, dia segera mencari solusi.

”Kalau pasokan aman dan lancar, harga pasti stabil,” kata Nurdin.

Dalam kesempat tersebut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito juga menyebutkan dia akan berupaya agar harga sembako menjelang puasa dan lebaran sangat stabil dan tidak melonjak harganya.

Dalam sambutannya, Enggartiasto mengharapkan semua pihak, termasuk pemerintah daerah untuk menjaga konsumen. Caranya, jangan sampai barang yang masuk ke Indonesia tidak diawasi dengan teliti. Barang-barang yang beredar juga harus sesuai dengan aturan Indonesia. Untuk itu, sambung menteri, bangsa Indonesia, konsumennya harus mencintai produk dalam negeri.

”Jadilah barang Indonesia sebagai kebanggaan kita,” tambahnya.

Begitu juga jika berada di luar negeri, sambung menteri, jika ketemu produk Indonesia saat belanja, hendaknya dibeli saja.

”Produk Indonesia yang diekspor keluar negeri cukup banyak, beli aja jika ketemu di toko di luar negeri,” tegasnya.

Kata Mendag, dia akan bantu dengan berbagai cara dan upaya untuk memajukan produk Indonesia.

”Agar ekonomi masyarakat terus tumbuh dan maju dengan pesat,” papar Menteri pada acara dengan tema konsumen cerdas berani bicara.

Pada pemukaan tersebut, Menteri mengajak Gubernur Nurdin untuk memukul gong tanda dimulainya hari konsumen nasional 2017. Usai pembukaan, menteri dan gubernur melakukan peninjauan stan.(SUHARDI-MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here