Jelang Lebaran, Roro Diperbaiki

0
139
KAPAL Roro saat akan sandar di Pelabuhan Parit Rempak, Meral, Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS
Agar transportasi penyeberangan laut saat lebaran nanti lancar, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Karimun berbenah menyiapkan angkutan lebaran Idul Fitri 2019 dengan memperbaiki (Docking) KMP Senangin.

KARIMUN – ”Ada 4 unit kapal roro di Karimun yang beroperasi di Pelabuhan Parit Rempak, Meral, Karimun dengan tujuan Selat Belia, Buton, Tanjungpinang dan Batam. Masing-masing yaitu KMP Kakap, KMP Lome, KMP Kundur dan KMP Senangin. Kapal tersebut rutin melayani pelayaran pulang pergi,” kata Kepala ASDP di Karimun, Muhammad, Selasa (23/4).

Tahap ini, KMP Senangin akan naik docking karena persiapan angkutan mudik dari Parit Rempak tujuan Buton.

Biasanya, lonjakan kendaraaan pemudik meningkat drastis dari hari biasanya.

Sehingga, untuk sementara tidak ada perubahan jadwal keberangkatan ke masing-masing daerah dari Parit Rempak hanya jam keberangkatan bisa berubah karena menunggu pasang surut air laut.

Karena kalau sedang surut, kapal tidak bisa sandar langsung ke dermaga.

Pemudik yang hendak berangkat, atau mobil yang akan diangkut ditentukan sesuai dengan yang lebih dahulu.

Ia memaklumi, pemudik yang berusaha mendapatkan tempat untuk berangkat terlebih dahulu.

Saat ini, ASDP sedang mengupayakan penambahan jadwal Parit Rempak tujuan Selat Beliah.

Dari jadwalnya 1 kali pelayaran, kini menjadi 2 kali setiap hari dan berangkat dari Kundur pagi dan kembali sore dan kapal standy di Selat Beliah.

”Peningkatan pelayanan pelayaran itu, sesuai dengan permintaan masyarakat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Kundur dengan kemudahan sarana transportasi. Sehingga, perdagangan diantara dua pulau semakin mudah dan cepat kembang,” kata Muhammad.

Sebelumnya kapal Roro KMP Kakap resmi beroperasi melayani pelayaran Parit Rempak menuju Selat Beliah, Kundur dengan jadwal pelayaran setiap hari.

Pelayaran perdana itu dilaksanakan, Jumat (5/4) yang diresmikan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Pihak ASDP Cabang Batam yakni Syahrianto mengatakan, untuk melayani keperluan Karimun ditempatkan 4 kapal roro dan salah satu homebase kedua di Kepri setelah Batam.

KMP Kakap berasal dari Dumai, karena dilihat prospek ke depan Karimun menjadi pusat logistik barang.

Sehingga diperlukan sarana angkutan pelayaran antarpulau yang mumpuni, untuk sementara pelayaran dilakukan 1 kali dalam sehari,” terang Syahrianto.

Tidak menutup kemungkinan, akan ada penambahan jadwal pelayaran lebih dari 1 kali dalam sehari.

Sebagaimana pelayaran Dumai-Rupat, dari awalnya 1 kali pelayaran kini menjadi 8 kali yang dilayani 4 unit kapal Roro dan penambahan jumlah kapal.

Ke depan, Karimun akan menjadi destinasi logistik barang antara Tanjungpinang, Batam, Karimun, Buton serta Riau.

Dilihat dari potensi pelayaran, dan sumber daya ditiga wilayah Kepri.

Bupati Karimun Aunur Rafiq berharap penuh pada pihak ASDP, untuk menambah jumlah kapal penyebrangan antar Pulau Karimun dengan Pulau Kundur.

Harapnya itu, guna mendukung kemudahan transportasi laut.

”Sebagai pusat logistik atau tempat tujuan sektor jasa. Diperlukan kapal untuk mengangkut transportasi darat, untuk kemudahan akses transportasi. Dari Pulau Kundur sampai Buton, Siak,” tutup Rafiq, Jumat (5/4) lalu. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here