Jelang Lebaran, Warga Sulit Cari Pecahan Rp5 Ribu

0
71
Pecahan uang baru.

TANJUNGPINANG – Kurang dari dua pekan lagi menjelang hari raya Idul Fitri, sejumlah masyarakat masih banyak memburu uang baru nominal kecil. Biasanya, uang baru tersebut akan dibagikan pada banyak orang, terumata anak-anak sebagai bagian dari tradisi Lebaran di Indonesia.

Pantauan Tanjungpinang Pos, masih banyak masyarakat yang sulit mencari uang pecahan nominal kecil seperti Rp5 ribu dan Rp2 ribu rupiah. Seperti diutarakan Dewi, sudah seminggu terakhir gagal tmendapatkan tukaran uang pecahan Rp5 ribu baru. Ia sudah mendatangi beberapa bank.

“Susah cari uang baru pecahan lima ribu. Sejak awal puasa tanya ke bank-bank ngakunya belum datang. Sudah dua minggu jelang Lebaran alasanya terbatas. Kalau mau dapat harus datang pagi-pagi sebelum pukul 10.00 WIB,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos.

Dituturkannya, meski menjadi salah satu nasabah BNI, penukaran pecahan uang pun dibatasi. Untuk pecahan Rp5 ribu maksimal Rp300 ribu dan pecahan Rp2 ribu senilai Rp600 ribu. Sedangkan nilai Rp10 ribu dan Rp20 ribu yang tidak terbatas.

“Saya tadi coba, baru dapat pecahan Rp5 ribu senilai Rp300 ribu saja,” ucapnya.

Rini salah satu nasabah BRI mengaku hanya bisa menukar pecahan Rp5 ribu senilai Rp500 ribu.

“Penukarannya dibatasi. Saya inginya tukar Rp1 juta saja tapi tidak dapat,” ucapnya.

“Para teller bank tersebut menuturkan pecahan Rp5 ribu memang terbatas dapat dari BI,” ucapnya menirukan. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here