Jelang Natal dan Tahun Baru Stok Sembako Aman

0
172
KETUA Satgas Pangan AKP Henrianto berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait ketersediaan pangan. F-ISTIMEWA

Jelang Natal dan pergantian tahun, pemerintah menjamin ketersediaan sembako untuk di wilayah Kabupaten Natuna. Untuk lebih memastikannya stakeholder diajak rapat bersama.

NATUNA – PEMERINTAH mengundang berbagai pihak rapat bersama membahas stok di gudang dan toko para pengusaha sembako.

Ketua Satgas Pangan Kabupaten Natuna, AKP Henrianto, mejelaskan untuk ketersediaan sembako di wilayah Natuna masih dalam kondisi aman dan terkendali.

”Jelang Natal dan Tahun Baru, ketersediaan stok sembako dan lainnya masih dikategori aman. untuk ketersediaan pangan mencukupi hingga akhir tahun nanti,” katanya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (13/12).

Rencananya, Satgas Pangan Natuna akan melakukan sidak gabungan dengan sejumlah instansi untuk mengecek langsung keadaan sembako dipasaran.

”Tugas kami mengawasi jalur perdagangan jangan sampai terhambat apalagi sampai putus, selain itu kami juga mengawasi jangan ada perbaikan yang dimanfaatkan sebagian oknum,” terang AKP Henrianto.

Ia pun menilai, untuk wilayah Natuna memang terdapat perbedaan harga, namun,  masih dalam ambang batas wajar. Menurutnya, hal ini karena letak geografis Natuna yang merupakan wilayah kepulauan terluar Indonesia, cukup jauh untuk diakses.

”Kondisi wilayah kepulauan kita. Hal ini lah yang membuat proses masuknya barang membutuhkan waktu yang relatif lama, mengakibatkan tambahan biaya karena jaraknya tempuh yang jauh. Belum lagi di perjalanan barang ada yang rusak karena faktor seperti terkena gelombang laut,” ungkapnya.

Tambahnya, untuk mengantisipasi kelangkaan pangan pihaknya juga secara rutin akan melakukan pengecekan di setiap agen.

”Selain mengecek pasokan, kita juga cek kualitas barang,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kabupaten Natuna, Helmy Wahyuda, bahwa pasokan dan harga sembako relatif aman di Natuna.

”Untuk harga sembako menjelang Natal tidak ada kenaikan yang signifikan dan tidak terjadi kelangkaan. Meski demikian, ada komoditi yang mengalami kenaikan, biasanya daging ayam maupun sapi. Hal ini dikarenakan terlambatnya pasokan dan tingginya permintaan. Pihaknya berharap, kepada para pengusaha untuk bisa membantu dalam proses pengiriman barang agar bisa dipercepat. ”Kita juga akan berkoordinasi dengan para pengusaha agar busa mengantisipasi ketersediaan stok,” harapnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here