Jelang Pemilu 2019, KPU Gelar Sosialisasi

0
677
SOSIALISASI: Peserta saat mengikuti sosialisasi undang-undang tentang pemilu, kemarin. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Jelang Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Anambas, menggelar Sosialisasi Undang-undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

Sosialisasi itu diselenggarakan di Aula Rumah Makan Siantan Nur Kelurahan Tarempa, Senin (20/11). Narasumber dalam sosialisasi tersebut, yakni dari tiga Komisioner KPU dan dua perwakilan dari beberapa komisioner Panwaslu.

”Hal ini harus dilakukan. Artinya, seluruh Indonesia menggelar kegiatan yang sama. Tujuannya, semua peserta pemilu bisa dapat lebih mengerti dengan peraturan pemilu,” kata Muhammad Sani, selaku Devisi Hukum KPU Kabupaten Anambas, Senin (20/11).

Kegiatan diikuti oleh 11 peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus Partai Politik (Parpol) tingkat Kabupaten Anambas dan hanya dua partai saja yang tidak hadir yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera.

Peserta lainnya juga hadir dari intansi Pemerintah Kabupaten Anambas dan keorganisasian masyarakat. Selain itu, kegiatan tersebut digelar selama satu hari dan selanjutnya akan digelar sosialisasi tentang tata cara pemilu. Ia menyampaikan bahwa, undang-undang tentang pemilu ini terdiri atas 573 pasal, penjelasan, dan 4 lampiran.

”Memang cukup tebal. Tapi setiap partai harus memahami kandungan undang-undang ini, agar tidak salah saat pelaksanaan pemilu nantinya,” tegas Muhammad Sani.

Ia melanjutkannya, dalam pasal 202 terkait daftar pemilih yakni KPU kabupaten/kota menggunakan data penduduk potensial pemilih pemilu. Sebagaimana dimaksud, dalam pasal 201 ayat 5 untuk disandingkan dengan daftar pemilih.

Daftar pemilih yang dimaksud pada ayat 1, yakni paling sedikit memuat nomor induk kependudukan, nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan alamat Warga Negara Indonesia yang mempunyak hak memilih. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here