Jelang Pilkada, Kesbangpol Bikin Pembinaan Ormas

0
153
KEPALA Kesbangpol Bintan Karya Harmawan bersama peserta pembinaan ormas dan LSM, serta pihak terkait, di Bhadra Resort & Convention Km 25 Toapaya Asri, kemarin. f-istimewa

TOAPAYA – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bintan menggelar pembinaan organisasi kemasyarakatan (ormas), menjelang penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pembinaan ormas dan LSM ini dilaksanakan di Bhadra Resort Km 25, Kamis (27/6) kemarin.

Dalam kegiatan pembinaan ormas ini, sekitar 80-an ormas dan LSM diberikan pemahaman tentang peraturan perundang-undangan. Antara lain berkaitan dengan Undang Undang nomor 17/2013 tentang ormas, Putusan MK nomor 82/PUU-XI/2013, Putusan MK nomor 3/PUU-XII/2014, sampai dengan Permendagri nomor 57/2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi ormas.

Untuk pendaftaran ormas tidak berbadan hukum, ditujukan ke Kemendagri. Namun sifatnya di daerah, pendaftaran diajukan melalui Kesbangpol kabupaten/kota atau provinsi. Pendaftaran itu selanjutnya diteruskan ke Kemendagri. Sedangkan ormas yang bersifat berbadan hukum, pendaftaran diajukan melalui Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM.

Selain itu, 80-an peserta yang mengikuti kegiatan Kesbangpol Binta ini diberikan pemahaman tentang fungsi ormas, serta konsolidasi dengan pemerintah daerah dan sosial. Termasuk membuat laporan keberadaan maupun kegiatan dari ormas dan LSM, kepada pihak Kesbangpol.

Kepala Kesbangpol Bintan Karya Harmawan menyampaikan, jumlah ormas dan LSM yang pernah mendaftar ke Kesbangpol Bintan, cukup banyak. Mencapai seratusan organisasi. Namun sampai saat ini, hanya 15 ormas yang aktif memberikan laporan serta menyampaikan keberadaannya.

”Nah, sekarang ini mau menghadapi Pilkada 2020. Kita yakin, ormas dan LSM akan menjamur nantinya. Justru itu, menjelang Pilkada 2020 ini, kita berikan pembinaan terhadap ormas yang ada. Ada sekitar 80 ormas dan LSM yang mengikuti kegiatan ini,” sebut Karya Harmawan, di sela kegiatan pembinaan ormas.

Pada intinya, lanjut Karya Harmawan, selain mendorong ormas dan LSM untuk mendaftar atau melapor ke Kesbangpol, dalam kegiatan ini juga ditekankan kepada fungsi dari ormas dan LSM itu sendiri. Terutama fungsi dalam menjaga stabilitas keamanan dan ekonomi daerah, serta berperan aktif dalam pembangunan daerah.

”Jadi, pembangunan itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah saja. Ormas dan LSM harus berperan aktif. Seperti di Pilkada 2020 nanti, ormas maupun LSM bisa berfungsi dalam menyosialisasikan semua aturan berkaitan dengan Pilkada,” jelas Karya Harmawan sambil memberikan contoh fungsi ormas dan LSM itu.

Kalau fungsi ormas dan LSM itu dijalankan secara tepat, tambah Karya Harmawan, maka Pilkada 2020 maupun pembangunan daerah akan berjalan maksimal. Otomatis membantu pemerintah daerah.

”Pembinaan ormas sekarang ini kita laksanakan, untuk meningkatkan konsolidasi peran ormas dalam mewujudkan Bintan Gemilang 2025,” demikian disampaikan Karya Harmawan. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here