Jelang Puasa Beberapa Harga Kebutuhan Naik

0
284
PERSONEL Polres Anambas yang tergabung dalam Satgas Pangan ketika mencatat harga sejumlah bahan pokok di pasar wilayah Tarempa. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Tradisional Tarempa, Siantan, Anambas sudah terasa pada H-3 puasa. Meski tidak melambung tinggi, para pembeli khususnya ibu rumah tangga merasa kaget terkait kenaikan tersebut.

”Kemarin-kemarin harganya masih normal, ini tiba-tiba ada kenaikan harga dan itu yang membuat kaget. Memang tidak tinggi, tetapi hal biasa apabila ada kenaikan harga menjelang hari raya,” ujar Veronika, ibu rumah tangga saat ditemui di Pasar Tradisional Tarempa, Senin (14/5).

Khairul, salah satu pedagang mengakui kenaikan harga komoditi dapur tersebut masih tergolong wajar ketika menyambut hari Ramadan. Adapun komoditi dapur yang mengalami kenaikan yakni, cabai merah, cabai rawit, daging ayam, telur, dan daging sapi.

”Cabai merah awalnya Rp60 ribu perkilogram naik menjadi Rp70 ribu, cabai rawit dari Rp50 ribu menjadi Rp60 ribu perkilogram. Daging ayam Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu perkilogram dan daging sapi Rp110 ribu menjadi Rp120 ribu perkilogram. Bawang merah masih tetap pada harga Rp40 ribu perkilogram, bawang putih juga masih normal pada harga Rp35 ribu perkilogram,” ujarnya.

Khairul mengakui, harga sayuran masih pada harga normal. Pasalnya, sayuran banyak yang berasal dari Siantan. ”Sayuran masih Rp5 ribu perikat. Sedangkan kentang, kol dan wortel yang didatangkan dari luar juga masih normal. Untuk stok barang masih aman selama transportasi lancar. Yang tak aman ketika musim angin utara saja, karena transportasi tidak ada,” jelasnya.

Di tempat terpisah, pedagang bernama Steven mengakui harga beras dan gula masih pada harga yang normal. ”Gula masih Rp 13.000 perkilogram. Untuk beras ukuran 10 kilogram masih standar dengan harga Rp 14.000. Intinya harga beras masih normal belum ada kenaikan,” ucapnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here