Jelang Puasa, Pasokan Sapi Diperbanyak

0
974
MEMOTONG daging: Sandi Sawir sedang memotong daging sapi segar yang dijualnya.F-Andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kebutuhan daging menjelang puasa selalu meningkat setiap tahunnya. Peningkatan akan lebih tinggi saat mendekati lebaran Idul Fitri. Hanya saja, menjelang puasa ini, pasokan daging sapi segar di dua pasar tradisional Tanjungpinang yang berada di Pasar Baru maupun Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) aman.

”Sepertinya pasokan bisa mencukupi untuk bulan puasa nanti,” kata pedagang sapi segar di Pasar Baru Tanjungpinang, Syahril kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (5/5).

Rencananya, pekan depan akan ada tambahan pasokan sapi sekitar 10-20 ekor. Sapi itu didatangkan dari tiga daerah, yaitu Lampung, Jawa dan Palembang. Saat ini, ia mengaku memiliki stok 10 ekor sapi di kandang. Rata-rata per hari memotong atau menghabiskan satu ekor yang dijual ke pelanggan dan juga masyarakat umum.

Baca Juga :  Parkir di Bazar Ramadan Pakai Karcis Resmi

”Menjelang sapi baru datang, stok yang tersedia masih cukup,” ungkapnya.
Bahkan, ia berharap tidak ada kendala proses pengiriman sapi, sebab bila terjadi kekosongan mengakibatkan harga naik.

”Kasihan dengan masyarakat nanti susah membeli daging karena mahal,” tambahnya.

Untuk memastikan harga normal, tergantung dari pasokan sapi dari tiga daerah. Serta perlu peran dari pemerintah daerah untuk membantu pasokan sapi dari daerah lainnya.

”Mudah-mudahan proses pengiriman sapi dari tiga daerah aman dan ada stoknya,” harap dia.

Biasanya, harga daging segar menjelang lebaran mengalami kenaikan. Hanya saja tidak banyak sekitar Rp 5 ribu per kilogram (kg) dari harga awalnya. Kini harga daging segar mencapai Rp 135 ribu per kilogram (kg) dan diperkirakan naik menjadi Rp 140 kg.

Baca Juga :  Hasil Panen Tak Maksimal, Harga Sayur Naik 50 %

”Tapi, semua ini tergantung pasokan sapi ya. Itu hanya umpama saja mudah-mudahan stok aman dan semua berjalan lancar,” harapanya. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here