Jelang Ramadan, Waspada Uang Palsu

0
307
Kasat Reskrim AKP Lulik memperlihatkan uang palsu pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu dari terduga pelaku, Jumat (11/5)kemarin.

KARIMUN- Kepolisian Resort Karimun mengingatkan warga Karimun, agar lebih berhati-hati perihal beredarnya uang palsu selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 H.

Momen hari besar keagamaan, tentunya kerap digunakan oknum yang tidak bertanggungjawab meraih keuntungan dengan mengedarkan uang palsu. Sebab, pada hari besar keagamaan aktivitas perputaran uang meningkat.

“Modus pelaku dengan membeli barang dalam jumlah kecil. Menggunakan uang pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu, dengan memilih pedagang yang umumnya berusia lanjut dan dikedai yang minim penerangan. Sehingga, kondisi itu memudahkan pelaku menggunakan uang palsu tersebut,” kata AKP Lulik Febyantara, Kasat Reskrim Polres Karimun, Selasa (15/5).

Lulik menyebutkan, modus pelaku kini berubah saat penggunaanya. “Kalau dulu, mereka menggunakan dalam jumlah banyak. Minimal 10 lembar. Saat ini, digunakan per lembar dan membeli barang yang siap pakai seperti saja minuman, makanan, rokok atau jajanan lainnya,” terang Lulik.

Ia menyarankan pemilik kedai atau toko, setiap menerima uang agar memeriksa keasliannya dan tidak tergesa-gesa mengembalikan sisa pembelian uang tersebut. Jika ragu, kata Lulik, jangan segan menyarankan pembeli menukar uangnya sebelum menyerahkan barang yang dibeli.

“Ini untuk menghindari kerugian. Sehingga, perlu antisipasi oleh pedagang,” tegasnya.

Kerugian dapat diantisipasi, lanjutnya, jika warga meningkatkan kewaspadaan. Tidak tertutup kemungkinan pelaku menyasar pedagang obralan pakaian di malam hari. Menurutnya transaksi yang biasa dilakukan buru-buru adalah peluang bagi pelaku untuk melancarkan modusnya.

Biasanya pedagang cepat mengambil uang tanpa memeriksa keasliannya kemudian menyerahkan barang yang dibeli tersebut. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here