Jelang Sidang Pileg, Bawaslu Kepri Kumpulkan Komisioner

0
403
Menjelang sidang gugatan Pileg di MK, Bawaslu Provinsi Kepri gelar rapat dengan Bawaslu Kabupaten Bintan, Bawaslu Kota Tanjungpinang dan Batam di Kantor Bawaslu Provinsi Kepri berada di Jalan WR Supratman.F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos
Menjelang sidang gugatan sengketa pemilihan legislatif (Pileg) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri menggelar rapat bersama tiga Bawaslu kabupaten/kota di Kantor Bawaslu Provinsi Kepri berada di Jalan WR Supratman, Km 8 Atas Tanjungpinang, Sabtu (22/6).

TANJUNGPINANG – Mereka merupakan komisioner dari Bawaslu Kabupaten Bintan, Bawaslu Kota Tanjungpinang dan Bawaslu Kota Batam.

Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Kepri, Idris mengatakan, Bawaslu sebagai pemberi keterangan tertulis pada saat sidang gugatan Pileg 2019 di MK nanti.

Oleh karena itu, Bawaslu Provinsi Kepri bersama tiga Bawaslu kabupaten/ kota perlu mengumpulkan data Pileg 2019. Kemudian, Bawaslu membuat laporan tertulis hingga menyiapkan data pendukung lainnya serta alat bukti.

Baca Juga :  Februari, PKS Umumkan Calon

Karena laporan serta data pendukung lainnya dan alat bukti akan disampaikan hingga dipaparkan di sidang gugatan Pileg di MK, apabila dibutuhkan.

”Di samping itu, kita juga sedang dalam penyusunan laporan pesca pemilu per divisi Bawaslu Provinsi Kepri. Untuk lebih lanjut terkait persiapan menuju sidang gugatan di MK, langsung saja hubungi Pak Indrawan. Karena beliau di divisi hukum,” sebut dia.

Terpisah, Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi mengatakan, pihaknya hanya ingin melihat persiapan dari komisioner Bawaslu Kabupaten Bintan, Bawaslu Kota Tanjungpinang dan Bawaslu Kota Batam menjelang sidang gugatan Pileg di MK nanti. Seperti laporan narasi serta alat bukti yang sudah dibuat dan disiapkan oleh masing-masing Bawaslu tersebut.

Baca Juga :  KPU: Paling Lambat 19 September

”Persiapannya sudah 90 persen,” kata Indrawan Susilo Prabowoadi.

Setelah itu, Bawaslu Provinsi Kepri akan menjadikan satu laporan narasi serta alat bukti, yang sudah dibuat dan disiapkan oleh tiga Bawaslu kabupaten/ kota tersebut. Karena laporan narasi serta alat bukti akan disampaikan ke Bawaslu RI.

Rencananya, Bawaslu Provinsi Kepri akan mengirim narasi laporan serta alat bukti melalui email Bawaslu RI, Selasa (25/6).

”Baru, kita jawaban dari Bawaslu RI. Apakah narasi laporan dan alat bukti yang disampaikan perlu dilakukan revisi atau tidak,” terang dia.

Baca Juga :  Partai NasDem Target Menang di Pileg 2019

Apabila perlu, lanjut Indrawan, maka Bawaslu Provinsi Kepri bersama tiga Bawaslu kabupaten/kota melakukan revisi narasi laporan serta alat bukti. Setelah direvisi, terlebih dahulu Bawaslu mengadakan sidang pleno di Kantor Bawaslu masing-masing. Baik itu Bawaslu Provinsi Kepri, Bawaslu Kabupaten Bintan, Bawaslu Kota Tanjungpinang dan Bawaslu Kota Batam.

Lalu, Bawaslu melakukan 4 rangkap laporan.(ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here