Jelang UN, Siswa AP dan UPW Dimotivasi

0
531
MENDENGAR Ceramah: Siswa-siswa SMKN 1 Tanjungpinang serius mendengar ceramah, Rabu (8/3). f-DESI LIZA PURBA/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – Persiapan sekolah menjelang pelaksananaan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer ataupun Lembar Kertas Jawaban terus dilakukan.

Salah satunya tambahan jam belajar di sekolah. Ini dalam upaya meningkatkan kemampuan akademis. Diundang juga penceramah untuk mempersiapkan mental.

Dalam upaya memberikan motivasi, siswa kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) SMKN 1 Tanjungpinang mengundang penceramah, Rabu (8/3) di Aula SMKN 1 Tanjungpinang, Jalan Pramuka.

Pengisi ceramah merupakan Ustaz Rizaldy Siregar MA yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) FISIP UMRAH.

Pantauan Tanjungpinang Pos, Rizaldy meminta siswa untuk menjaga sikap. Jangan melakukan perbuatan yang mengakibatkan dosa, diyakini dapat mengganggu kemampuan berpikir siswa.

Di antaranya jangan menggunakan barang terlarang seperti narkotika, jangan menyakiti hati orang lain, apakah itu orang tua, guru dan teman. Selain itu, jangan menonton film porno.

”Saya pesankan kepada anak-anak semua, bahwa perbuatan dosa ini dapat mengganggu daya ingat pikiran. Maka harus dihindari,” ujarnya saat menampaikan pesan.

Jangan berbuat jahat kepada sesama, ini juga tak kalah penting. Sebab perbuatan jahat yang dilakukan hari ini, cepat atau lambat pasti akan kembali kepada pelaku.

Misalnya, jika hari ini mencuri barang milik teman, maka tanpa disadari, ada sesuatu barang yang bahkan berharga milik pencuri tersebut akan hilang. Dari pada demikian, lebih baik dihindari.

Ia juga mengingatkan siswa untuk mencium tangan orangtua sembari meminta maaf. Bukan hanya menjelang pelaksaan ujian, tetapi juga setiap hari. Ini dinilai baik, karena rida-nya orang tua adalah rida-nya Tuhan. Begitu juga kepada para guru-guru.

Ia juga berpesan kepada siswa, untuk mampu menjaga hubungan baik dengan pencipta. Agama apapun itu, pasti mengajarkan untuk taat beribadah, menjauhi larangannya dan meminta pertolongan dari Yang Maha Kuasa.

Sesi motivasi ini dilakukan untuk menguatkan mental para siswa selain persiapan materi yang telah dilakukan selama ini. Guru AP SMKN1 Tanjungpinang, Jusmawati menuturkan, kegiatan ini untuk merileksasi para siswa. Setelah jenuh dengan rutinitas belajar materi soal, kembali kepada penguatan akan mental.

Siswa dalam waktu dekat akan menghadapi ujian kompetensi beberapa mata pelajaran. Setelah itu, kembali menghadapi try out UNBK sesuai jadwal ditetapkan Dinas Pendidikan. Akhir Maret di perkirakan Ujian Sekolah dan kemudian awal April pelaksanaan UNBK.

”Jadwalnya sudah ada, jadi berbagai rentetan kegiatan siswa kelas XII agak padat. Semoga dengan kegiatan ini, siswa bisa tenang,” tuturnya didampingi guru lainnya, yaitu Ari Sulistiwati, Mehrun Nisa dan lainnya.

Pihak sekolah berharap siswa kelas XII SMKN 1 Tanjungpinang bisa lulus seratus persen, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Serta menjujung prilaku jujur dalam pelaksanaan ujian.(DESI LIZA PURBA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here