Jemaja Diusulkan Jadi Kawasan Strategis Wisata

0
595
DESTINASI: Pantai Padang Melang yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Anambas. F-indra/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Untuk mengembangkan destinasi parwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengusulkan daerah Jemaja menjadi kawasan strategis.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Anambas, Iwan K Roni mengatakan jika suatu daerah dijadikan sebagai kawasan strategis pariwisata maka pembangunan bisa dilaksanakan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota.

”Kawasan strategis pariwisata itu, pada dasarnya bisa lebih cepat dalam mengembangkan suatu daerah. Jadi anggaran untuk membangun daerah itu tidak terpatok satu APBD saja tapi bisa APBD dan APBD Provinsi. Nah Jemaja sangat cocok sebagai kawasan strategis pariwisata,” ujar Iwan K Roni kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Iwan menambahkan, selain sebagai kawasan strategis di bidang pariwisata, Pemkab Anambas juga berusaha untuk menciptakan industri pariwisata. Karena, pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari peranan pihak swasta.

Sebagai contoh, dusun Kusik Desa Rewak Kecamatan Jemaj akan dibuat tempat wisata seperti membangun resort dan pelabuhan marina yang berada di kota Tarempa Kecamatan Siantan, tentunya hal itu tidak terlepas peranan dari pihak swasta dalam membantu membangun.

”Ini sesuai dengan hasil rapat dengan kementerian Maritim kemarin agar kita fokus untuk membangun suatu daerah. Untuk saat ini Kusik dan Pulau Bawah menjadi andalan kita. Untuk akses sudah ada bandara Letung dan kita akan bangun akses pendukung lainnya agar wisata disana bisa hidup,” katanya.

Warga Kelurahan Letung Kecamatan Jemaja Muhammad Kosim mengatakan perhatian pemerintah pusat dalam sudah cukup baik, tinggal kesiapan dari pemda untuk mendorong semua pihak agar bisa mewujudkan program tersebut.

Ia juga menambahkan, pihak pemda khusus yang membidangi pariwisata masih terkesan lamban dan belum tampak kegiatan promosi wisata yang signifikan. Kosim berharap, pemda serius untuk pariwisata. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here