Jemaja Jadi Wisata Internasional

0
700
PELANTAR: Seorang pengunjung bersantai di pelantar Pulau Kuku, Kecamatan Jemaja. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun berharap Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas bisa menjadi objek wisata bertaraf internasional.

Untuk mencapai hal itu, H Nurdin Basirun mengatakan, Pemkab Anambas perlu koordinasi dan kerja sama seluruh pihak, baik masyarakat maupun pihak-pihak terkait di luar pemerintahan.

”Mari kita jaga bersama kawasan wisata pantai ini dan meningkatkan potensi yang sudah ada,” ujar H Nurdin Basirun, Senin (15/5).

Menurutnya, terutama peran bagi masyarakat untuk menjaga keindahan serta kebersihan pantai. Masyarakat harus sadar akan pentingnya kebersihan, agar laut tetap bersih dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Seperti digelarnya acara Festival Padang Melang (FPM), yang menjadi potensi untuk mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi.

Nurdin menegaskan, jika pihak Pemkab Anambas terhambat perizinan untuk mengembangkan Pantai Padang Melang diharapkan segera menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Pada gelaran FPM tersebut, panitia pelaksana di minta tetap mempertahankan perlombaan olahraga pantai seperti Kano, Jongkong, Lopek, renang serta voli pantai.

Selain itu, permainan rakyat juga tidak ketinggalan serta pameran rumah adat, parade panggung budaya, bazar kuliner, oleh-oleh serta kerajinan dari UKM masyarakat tempatan. Pada pelaksanaan FPM 2018 antinya, diharapkan kendala-kendala yang digelar pada 2017 telah ditingkatkan.

Sebelumnya, Pemrov Kepri akan menggelontorkan anggaran Rp 100 miliar untuk memaksimalkan Pembangunan Anambas pada tahun 2018 mendatang. Bahkan, dana yang akan digelontorkan itu hanya untuk Pulau Jemaja.

Acara FPM ditutup dengan Pementasan Tari Gubang, yang merupakan khazanah budaya asli penduduk pulau Jemaja dengan melibatkan pemakaian 1.000 Topeng Gubang, dimeriahkan dengan pesta Lampion Terbang dan ditutup dengan malam hiburan artis ibu kota. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here