Jembatan 1 Dompak bakal Kinclong

0
947
DIASPAL: Jalan di Jembatan I Dompak mulai diaspal, Senin (21/8). f-suhardi/tanjungpinang pos

Jembatan I Dompak bakal Kinclong. Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri menepati janjinya untuk memulai mengaspal Jembatan 1 Dompak, Agustus ini.

TANJUNGPINANG – Sejak, Senin (21/8) lalu, Jembatan 1 Dompak mulai diaspal. Pantauan wartawan koran ini di lapangan, sejumlah pekerja nampak di lokasi jembatan untuk mengaspal jembatan terpanjang di Kepri tersebut. Pengaspalan dimulai dari ujung jembatan di bawah Masjid Raya. Pengaspalan tergolong cepat. Selain diaspal, akan diselesaikan juga pekerjaan lain seperti pemasangan pagar. Pagar akan dipasang di sisi kiri dan sisi kanan pedestrian. Sehingga, masyarakat yang hendak jalan kaki dan olahraga di pedestrian bisa lebih nyaman karena sudah ada pagar.

Kepala Dinas PU Pemprov Kepri Abu Bakar, mengatakan, saat ini sebagian besar pengerjaan fisik sudah mulai dalam proses pengerjaan. ”Pengaspalan udah mulai. Untuk pembangunan gerbang utama akan kita lakukan secepatnya. Baru selesai masa sanggah tendernya,” katanya, Selasa (22/8).

Ia mengatakan, di Kota Tanjungpinang, finishing Jembatan 1 Dompak untuk memasang aspal mulai dikerjakan, Senin (21/8). Penerangan jembatan diperkirakan Januari sudah clear disertai pagar-pagar di tepi jembatan. Untuk penataan bundaran 1 Dompak sudah teken kontrak, dalam minggu ini sudah mulai bekerja. Penataan kawasan Pantai Gurindam 12, bulan September mulai serta penataan pintu masuk Dompak hari Jumat sudah clear lelang dan segera dikerjakan.

Baca Juga :  Ruang Pelestarian Arab Melayu Resmi Dibuka

Sedangkan peningkatan jalan menuju kawasan pemerintahan Dompak akan segera dikerjakan.Di Kabupaten Anambas misalnya peningkatan Jalan Temburun-Pasi Peti sudah berjalan dan dalam 2-3 bulan ke depan selesai. Untuk jalan di Bandara Letung juga sudah berjalan. Di Kabupaten Lingga untuk peningkatan Jalan Musai-Simpang Kerandin sudah berjalan dan progresnya sebesar 50 persen. Di Kota Batam, pembangunan Jalan Bagan-Punggur dan peningkatan simpang KDA sudah mulai. Untuk Kabupaten Karimun, normalisasi Sungai Kundur, mempelang bawah, panglong Tanjungbatu, Sawang semuanya sudah mulai dan pembangunan Jalan Lingkar Pauh sudah 60 persen progresnya.

Baca Juga :  Asep Harus Jantan Hadapi Hukum

Untuk Kabupaten Natuna seperti peningkatan jalan trans Batubi-Tanjung Kudu Sedanau sudah sekitar 39 persen, pergantian jembatan Sungai Tengah 1, Sungai Tengah 2 dan Sungai Curing sudah berjalan. Kepala Dinas Perhubungan Jamhur Ismail menjelaskan program prioritas sudah dalam perjalanan seperti Pembangunan Pelabuhan Berhala di Lingga sudah 70 Persen, Pembangunan Pelabuhan Penagi di Natuna sedang dilelang akan selesai dan segera berjalan. Pembangunan Pelantar 1 dan 2 di Tanjungpinang sudah masuk lelang. Untuk Pelabuhan Bongkar muat di Tanjunguban Bintan juga sudah masuk lelang.

Di Karimun, peningkatan Pelabuhan Parit Rempak sudah mulai berjalan pada minggu ke-3 Agustus ini. Peningkatan dermaga wisata Pulau Penyengat, juga mulai dilelang. Mendengar paparan beberapa OPD tersebut Nurdin berharap agar pengerjaan dapat selesai tepat waktu dan tidak terjadi halangan di perjalanannya. ”Inti dari rapat ini adalah evaluasi bukan mencari kesalahan. Jika memang ada kendala maka pada rapat inilah kita bahas dan cari solusi bersama,”tutup Nurdin.

Baca Juga :  PJU Banyak Rusak

Kemudian, sejak dibuka Jembatan I Dompak untuk umum, setiap pagi, jembatan ini dijadikan tempat jogging atau olahraga pagi bagi masyarakat Tanjungpinang. Bahkan, pagi hari dijadikan lokasi untuk latihan pagi atlet Hapkito Tanjungpinang. Seperti beberapa hari lalu, belasan atlet Hapkito latihan fisik di Jembatan I Dompak. ”Selama ini atlet kami pagi-pagi latihan fisik lari selama 30 menit di Pamedan. Tapi, setelah Jembatan Dompak I selesai, kita pindah latihan di jembatan ini,” kata Peter, Ketua Hapkido Kepri.

Kata Peter, memilih Jembatan I Dompak jadi tempat latihan bagi atlet Hapkido karena pagi-pagi, lokasi ini cukup segar utaranya. Jembatanya cukup panjang cocok dijadikan arena lari pagi untuk meningkatkan stamina atlet. (MARTUNAS-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here