Jembatan Babin Bakal Kurangi Kemacetan di Batam

0
233
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. F-ISTIMEWA

BATAM – Rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) yang akan dimulai dengan pembuatan DED bulan ini, diharap akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Setidaknya, saat pembangunan Jembatan Babin berjalan dan setelah selesai dibangun, berdampak bagi ekonomi masyarakat sudah dirasakan. Termasuk mengurangi kepadatan penduduk di Batam.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, Senin (8/4), pihaknya optimis atas dampak pembangunan Jembatan Babin ke depan.

”Saya berikan apresiasi kepada pemerintah pusat karena ini akan menjadi pemantik pertumbuhan di Kepri,” kata Amsakar.

Tidak hanya dampak setelah pembangunan Jembatan Babin selesai, namun sebelum itu diperkirakan dampak ekonomi sudah dirasakan. Di antaranya, dampak saat proses pembangunan berjalan, masyarakat sekitar titik jembatan akan berdampak. ”Saat pembangunan nanti, ekonomi akan tumbuh. Tenaga kerja akan terserap untuk pembangunan. Kebutuhan perusahaan yang akan membangun jembatan akan terpenuhi dari Batam, dan masyarakat terdampak,” sambungnya.

Selain itu, Jembatan Babin juga akan berdampak pada pariwisata, kalau sudah selesai dibangun. Masyarakat akan menjadikan jembatan untuk menyeberang dan melakukan wisata ke Bintan dan Tanjungpinang. Demikian dengan warga Bintan dan Tanjungpinang ke Batam.

”Itu akan mengurai kemacetan di Batam, Tanjungpinang dan Batam ke depan. Dampaknya luas,” harap dia.

Sementara gambaran terkait jembatan dan biaya pembangunan, Amsakar berharap segera setelah DED selesai, akan tergambar.

”Kita harapkan, DED segera terealisasi agar diketahui anggaran dan desain pembangunan yang akan dibuat. Kalau DED sudah jadi, akan tergambar secara jelas posting pembiayaan dan model perencanaannya,” imbuh Amsakar.

Harapan itu disampaikan setelah sebelumnya di Batam, Presiden RI Joko Widodo, menjanjikan realisasi pembangunan jembatan Babin. Dijanjikan Jokowi, minggu depan akan dikirim tim mempersiapkan DED, sehingga jembatan ini bisa segera dibangun.

”Minggu depan secepat cepatnya akan saya turunkan tim untuk cek agar DED-nya disiapkan,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, keberadaan Jembatan Babin akan memudahkan akses dari Bintan dan Tanjungpinang, ke daerah yang berhadapan langsung dengan Singapura, Batam.

”Rakyat berharap banyak agar daerahnya lebih maju. Mereka meminta pemerintah membangun jembatan dari Batam ke Pulau Bintan. Di pulau ini terletak Kota Tanjungpinang, ibu kota Provinsi Kepri,” imbuhnya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here