Jengkol Dijual Rp 8 Ribu per Kilo

0
2716
BANYAK JENGKOL: Terlihat pedagang bumbu di Bincen banyak yang menjual jengkol.F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Pantauan Tanjungpinang Pos, harga jengkol kini terbilang murah. Bila biasanya mencapai Rp 40 hingga pernah Rp 80 ribu, kini hanya 7 ribu hingga Rp 8 ribu per kilo.  ”Kini harga jengkol yang saya jual sudah murah. Hanya kisaran Rp 7 ribu hingga Rp 8 ribu per kilo,” ujarnya saat berbincang, Rabu (26/7).

Dituturkannya, hal ini terjadi karena stok banyak. Bahkan hampir semua pedagang bumbu menjual jengkol. Bahkan pedagang memberikan pelayanan kepada pembeli, dengan menyediakan pilihan jengkol yang sudah di kupas atau masih dengan kulitnya. Tentu harganya berbeda, untuk yang tidak ada kulitnya lebih mahal. Yaitu Rp 15 ribu per kilonya. Itu dikarenakan, jengkol yang masih ada kulit saat ditimbang hanya 20 biji per kilo. Sedangkan tak ada kulit, bisa mencapai 30-40 biji per kilonya. Kemudian, pembeli sudah tidak lagi repot mengupas kulit jengkol

Baca Juga :  Harga Sayur dan Bawang Stabil

Ia katakan, harga jengkol pernah mencapai Rp 40 hingga Rp 80 ribu per kilo. Saat itu, tidak musim jengkol. Jadi, berpengaruh dengan harga yang melonjak. Bahkan untuk mendapatkannya sangat susah. ”Ya, namanya juga pedagang,” ucap dia. Kata dia, musim jengkol hanya sekali dalam satu tahun. ”Sekarang sedang musim jengkol,” sebut dia.

Meski bukan kebutuhan pokok, banyak warga mengaku suka memakan jengkol. Apakah itu di olah menjadi masakan maupun menjadi lalapan saat makan nasi. Hal itu seperti diungkapkan, Raymon, salah satu warga Tanjungpinang yang suka makan jengkol. Menurutnya, jengkol mudah maupun tua, sama-sama enak untuk dimakan dengan nasi.

Baca Juga :  124 Kantong Darah Terkumpul

Biasanya, jengkol mudah cukup dikupas kulitnya ditambah dengan sambal belacan sudah enak. Berbeda dengan jengkol yang sudah tua. Biasanya, diolah atau di masak terlebih dahulu. Apakah di gulai atau di rendang. ”Kalau jengkol di olah menjadi rendang pasti nembuat nafsu makan bertambah,” tuturnya sembari tersenyum. Ia mengaku senang dengan harga jengkol murah. Ini artinya, bisa mengkomsumsi sepuasnya. Berbeda dengan sebelumnya. (ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here