Jokowi Pastikan Bangun Babin

0
606
CAPRES RI nomor urut 01, Joko Widodo saat kampanye di Batam, Sabtu (7/4).F-martua/tanjungpinang pos

Pak De Basah Kuyup Kampanye di Batam

Presiden RI Joko Widodo yang juga Calon Presiden (Capres) RI memastikan Jembatan Batam-Bintan (Babin) akan dibangun. Selain itu, ia juga akan mensertifikasi kampung tua dan menjadi hak milik.

BATAM – JOKOWI bahkan berjanji, satu minggu ke depan ia akan mengirim tim ke Kepri untuk membahas persiapan pembangunan Jembatan Babin. Ia menjadikan Jembatan Batam-Bintan akan diwujudkan.

”Jembatan Batam-Bintan yang belum terealisasi akan kita wujudkan. Satu minggu ke depan, saya akan mengirimkan tim untuk mempersiapkan Detail Design Engineering (DED), sehingga bisa segera dibangun. Kita akan wujudkan Jembatan Batam-Bintan dan tim akan turun dalam satu minggu ke depan,” janji Jokowi saat kampanye di Batam, Sabtu (6/4).

Joko Widodo (Jokowi) hadir di daerah perbatasan Indonesia-Singapura, tepatnya Batam dalam rangka kampanye akbar Sabtu lalu.

Massa yang memadati lapangan parkir Tumenggung Abdul Jamal, Mukakuning, hingga dekat Kepri Mal, terlihat antusias menerima kedatangan dan memberikan dukungan untuk paslon nomor urut 01 ini.

Terik matahari tidak melunturkan semangat warga yang hadir sejak pagi, sekitar pukul 10.00 WIB, Sabtu (6/4). Hadir pada kesempatan kampanye kali ini, para pimpinan partai politik pendukung Jokowi-Maruf.

Ada ketua TKD Kepri, Soerya Respationo, termasuk Ketua Nasdem Kepri, H Nurdin Basirun dan Sekretaris Nasdem yang juga Wali Kota Batam, HM Rudi.

Pantauan Tanjungpinang Pos di daerah Kepri Mal, ratusan warga memilih berjalan kaki ke Tumenggung Abdul Jamal, karena parkiran mobil dan motor sudah penuh di Tumenggung hingga pinggir jalan sampai dekat Kepri Mal.

Usai kampanye, mereka terlihat berjalan secara bergerombolan meninggalkan lokasi kampanye secara bergerombolan. Sebagian diantara mereka meninggalkan lokasi, usai Jokowi melakukan orasi politik.

Baca Juga :  Alur Laut Internasional Aman

Saat berjalan kaki menuju arah Kepri Mal, mereka terlihat histeris, saat rombongan Jokowi, meninggalkan area kampanye. Mobil yang ditompangi Jokowi terlihat melambat, dan melambaikan tangan kepada para pendukungnya di pinggir jalan.

Antusiasnya masyarakat Batam yang membeludak hingga luar area kampanye, memberi kesan tersendiri untuk Jokowi. Hingga kemudian mengaku terkesan, walau pakaiannya basah kunyup, karena keringat.

”Baru kali ini, belum dimulai saya sudah basah kuyup, baju kaos basah, celana basah, basah kuyup, inilah Batam yang luar biasa,” kata Jokowi.

Kemudian pada twitternya, @jokowi, foto massa yang memenuhi lapangan parkir Tumenggung Abdul Jamal, diposting, berikut pernyataannya. Dia mengapresiasi masyarakat yang rela menunggu hingga sore.

”Bukan hujan yang membuat saya basah kuyup di Kota Batam siang ini, tapi peluh yang menganak sungai. Sinar matahari sedang terik-teriknya, tapi puluhan ribu warga Kepulauan Riau rela menunggu di Lapangan Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning,” twitt Jokowi.

Antusiasnya warga Kepri yang hadir di kampanye Jokowi juga diakui rombongan wartawan Jakarta, yang datang meliput. Saat berbincang usai kampanye, mengakui kampanye di Batam, cukup besar. Bahkan diantara mereka mengakui, kampanye akbar di Batam kali ini, sama dengan di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Manado.

”Yang di Batam ini lebih besar dari Dumai, Riau. Ini hampir sama dengan di Manado dan NTT. Jumlahnya besar,” ungkap seorang jurnalis Jakarta, yang mengaku pos liputan di Istana Presiden.

Kejadian menarik pada kampanye kali ini, saat relawan pasangan Capres Jokowi-Maruf, secara spontan membersihkan sampah, usai kampanye.

Baca Juga :  Malam Apresiasi SMRS Bakal Semarak

”Awalnyakan kawasan stadion ini bersih, dan setelah kegiatan kampanye ini, juga harus bersih,” kata seorang relawan Jokowi, bernama Antoni.

Kegiatan pembersihan sampah yang dilakukan para relawan, berlangsung usai kampanye. Sehingga area parkir tumenggung yang cukup luas, lebih bersih dibanding saat kampanye berjalan.

Selama kampanye berjalan, masyarakat memenuhi lapangan, banyak yang makan siang di lokasi kampanye. Mereka terlihat sabar menunggu capres idolanya, walau terik matahari yang panas. Bahkan sekitar 40 orang massa yang hadir, pingsan.

Massa yang memenuhi area kampanye, mulai massa partai pendukung, relawan hingga masyarakat yang mendukung mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini, memperkuat optimisme Jokowi di Kepri.

Hal itu mendorong optimisme Jokowi, bisa menang dan memberikan target di Kepri dan Batam, 70 persen, untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf pada pemilu 17 April nanti.

Di hadapan massa pendukungnya, Jokowi mengaku pertama kali, tiba di lokasi kampanye, basah karena keringat. Selain itu, disampaikan jumlah yang pingsan sudah sampai 40 orang dan langsung ditangani tim medis di lokasi kampanye.

”Baru kali ini, belum dimulai saya sudah basah kuyup, baju kaos basah, celana basah, basah kuyup, inilah Batam yang luar biasa,” teriak Jokowi dari atas panggung.

Kemudian Jokowi menyampaikan orasi politik terkait Batam dan Kepri. Disampaikan, rencana programnya setelah terpilih. Jokowi menjanjikan sertifikasi-sertifikasi kampung tua di Batam. Dijanjikan, penyelesaian sertifikat diselesaikan dalam waktu tiga bulan.

”Kampung tua akan kita sertifikasi dan akan jadi hak milik. Setuju tidak? kata Jokowi yang langsung disambut setuju massa.

Jokowi juga sempat memamerkan tiga kartu sakti yang menjadi janji kampanye jika kembali terpilih pada Pilpres 2019.

Baca Juga :  3.000 Karyawan Bekerja di KEK Bintan

Pada kesemptan itu, diingatkan agar masyarakat Batam dan Kepri, tidak percaya informasi hoax, yang menyudukan pasangan Jokowi-Maruf Amin. Seperti isu melegalkan pernikahan sejenis, menghapus pendidikan agama, melarang azan, dan berbagai isu lain.

”Saya titip, jangan terhasut fitnah, kabar bohong, dan hoax. Jangan sampai goyah gara-gara itu,” pesannya.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Kepri, Soerya Respationo usai kampanye, menyampaikan pihak akan bekerja keras, untuk mencapai 70 persen, sesuai diminta Jokowi. Mereka juga meminta arahan untuk mencapai target. ”Kami siap menunggu arahan dan nasehat dari bapak (Jokowi),” kata Soerya.

Target 70 persen kemenangan Jokowi-Maruf di Kepri, juga pernah disampaikan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, yang juga Ketua DPW Partai Nasdem. Target itu disinggung Nurdin, saat Cawapres pasangan Jokowi, di Batam, akhir tahun lalu.

”Kita harapkan bisa, karena sudah banyak hal yang telah dilakukan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) selama sekitar empat tahun kepemimpinannya,” kata Nurdin.

Pak De Jokowi
Ibu-ibu di Kepri lebih senang memanggil Jokowi dengan sebutan Pak De. Saat kampanye di Batam, foto-foto kampanye Pak De langsung menyebar via Whatsapp dan Facebook.

”Wah, ramai bangat yang datang. Kampanye Pak De sangat ramai,” kata Arta, seorang pendukung Jokowi di Tanjungpinang saat melihat Facebook.

Beragam tanggapan masuk di Facebook yang memuji Jokowi. Pak De ini disebut pria baik yang memang pujaan hati masyarakat Indonesia. (MARTUA-MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here