Jual Kearifan Lokal untuk Wisatawan

0
119
GUBERNUR Kepri H Nurdin bersama Kapolda Kepri saat menghadiri Kenduri Laut Masyarakat Laut di Mongkol, Belakangpadang, Kota Batam, Minggu (9/9). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, kearifan lokal masyarakat di pulau-pulau Kepulauan Riau harus dikemas untuk kepariwisataan.

BATAM – Banyak yang bisa dijual, sehingga wisatawan akan mencatat kapan mereka harus hadir di Kepri untuk menikmati kemeriahan tradisi lokal.

”Harus terus dibangun sinergitas dunia pariwisata yang menghubungkan kearifan lokal yang diperkuat masyarakat pulau. Banyak yang ingin tahu tradisi dan budaya kita,” kata Nurdin saat menghadiri Kenduri Laut Masyarakat Laut di Mongkol, Belakangpadang, Kota Batam, Minggu (9/9).

Kenduri Laut yang diselenggarakan ini begitu semarak. Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Reviato juga hadir pada acara tersebut. Hadir juga Wakapolda Brigjend Pol Yan Fitri Halimansyah, Wakil Wali Kota Batam H Amsakar Ahmad, dan Anggota DPR RI Dwi Ria Latifah. Mereka dipasangkan tanjak oleh masyarakat setempat.

Nurdin berkesempatan melepaskan tembakan tanda dimulainya pacu sampan layar. Dengan beragam ragam warna layar siap berpacu menjadi yang tercepat.

”Kibar kan Merah Putih, jadikan daerah pesisir yang lebih baik dan sejahtera lagi. Ke depan event ini harus menjadi tahunan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin, dimunculkannya kearifan lokal akan menjadi benteng untuk bertahan dari pengaruh budaya luar. Nurdin minta masyarakat juga memperkokoh tali silaturahmi, untuk pencapaian yang baik dengan dunia pariwisata maritim.

Pada kesempatan itu, Nurdin sempat menghadiri jemputan pernikahan anak dari tokoh masyarakat laut Mongkol. Setelah itu Gubernur bersama sama melaksanakan Salat Zhuhur berjemaah di Masjid Nurul Haq Mongkol Kelurahan Pemping. Makan bersama di ujung pelabuhan bersama rombongan.

”100 lebih pulau sekitar cuma 46 pulau yang berpenghuni dengan keamanan yang kondusif dan berkesejahteraan,” ucap Nurdin.

Setelah menikmati hidangan Gubernur bersama Kapolda, Wakapolda, Anggota DPR RI dan Wakil Walikota disuguhi tarian Dikir Barat yang ditampilkan anak-anak pulau.

Nurdin, Irjen Andap, dan Dwi Ria Latifa tampak menikmati dikir barat dengan mengikuti gerakan-gerakan yang dilakukan para penarinya.

”Alhamdulillah terima kasih saudara semue, semoga berkah bagi kita semue,” kata Nurdin.

Untuk memperkuat sektor wisata Kepri, maka keberadaan pulau yang ada di Kepri harus dimaksimalkan. Pulau-pulau yang bernilai jual tinggi harus diolah dan dimanfaatkan menjadi lokasi wisata yang baru.

Gubernur H Nurdin Basirun terus berupaya memperbanyak ragam destinasi wisata di Kepri. Sejumlah pulau di Kepri didorong untuk diubah peruntukannya menjadi destinasi wisata baru. Eksplorasi wisata di Kepri pun semakin menarik dan mempesona.

Untuk pengembangan wisata bahari, akan segera memanfaatkan hutan sambil menjaga pelestariannya. Salah satu pulau di Kepri diharapkan dapat dijadikan taman safari. Biar wisatawan menikmati keindahan alam dan margasatwanya.

Dukungan untuk menjadi pulau jadi taman safari sudah disampaikan pusat. Bahkan, pejabat dari pusat menyarankan agar juga berkoordinasi dengan Dirjend Perlindungan Hutan dan Pelestatian Alam Kementerian KLH. Hal ini untuk dalam mendesain tapak pemanfaatan ruang pulau itu.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here