Juara di Sekolah, Dapat Beasiswa Kuliah di Iteba dan BTP

0
126
Manajemen BTP dan Iteba saat sosialisasi di SMAN 1 Bintan. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Memilih kampus untuk tempat kuliah yang berkualitas bahkan kompetensinya sudah diakui internasional sangat penting.

Di Batam cukup banyak kampus yang berkulitas dan kompetensinya sudah internasional yakni, Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) atau Politeknik Pariwisata Batam Institut Teknologi Batam (Iteba).

Jurusan yang ditawarkan juga makin beragam, sehingga lulusan SLTA di Kepri tak perlu jauh-jauh ke luar daerah untuk kuliah.

Keberadaan kampus ini pun terus diperkenalkan di kalangan pelajar, sehingga saat lulus nanti, sudah ada pilihannya hendak kuliah dimana.

Seperti yang dilakukan Manajemen Kampus BTP dan Kampus Iteba saat melakukan roadshow ke sekolah-sekolah di Tanjungpinang dan Bintan, mulai Rabu (2/10) hingga Jumat (4/10).

Mereka mendatangi SMA Pembangunan Tanjungpinang, SMAN 5 Tanjungpinang, MAN Tanjungpinang, SMAN 5 Tanjungpinang, SMAN 7 Tanjungpinang, SMAN 2 Tanjungpinang dan SMAN 3 Tanjungpinang. Mereka juga roadshow ke SMAN 1 Bintan dan SMAN 1 Teluk Bintan.

Anita, marketing Kampus Iteba dan BTP saat roadshow menjelaskan, mereka ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan keunggulan Kampus Iteba dan BTP.

Kini BTP memiliki tiga program studi yaitu Room Divison Management, Culinary Management, Food and Beverage Management. Lulusannya akan bergelar Diploma IV setara sarjana S1 di bidang pariwisata.

Bagi pelajar di Kepri, yang ingin kuliah di Iteba di Batam, bisa memilih jurusan Fakultas Teknologi Industri, terdiri dari dua program studi (prodi) yaitu Teknik Industri (S1) dan Manajemen Rekayasa (S1).

Kemudian, Fakultas Teknologi Informasi terdiri dari empat prodi yaitu Sistem Informasi (S1), Teknik Komputer (S1), Desain Komunikasi Visual (S1), dan Matematika (S1).

Kata Anita, umumnya, para siswa sudah mengetahui keunggulan kampus BTP dibandingkan Iteba. Karena BTP sudah hadir lima tahun, sedangkan Iteba baru dua tahun.

Di depan para siswa, Anita menjelaskan keunggulan dan fasilitas yang dimiliki Kampus BTP dan Iteba. Dua kampus mewah tersebut berada di kawasan yang sama bahkan bersebelahan antara kampus BTP dan Iteba di Batam.

Jumlah mahasiswa BTP saat ini sudah mencapai 750 orang dan Iteba sendiri baru 280 siswa. Bahkan bagi yang ingin kuliah, pendaftaran bisa online dan bisa langsung ke kampus.

”Karena BTP sudah hadir lima tahun, siswa lebih kenal BTP dan Iteba. Setelah kita jelaskan, mereka tertarik kuliah di BTP adan Iteba,” kata Anita, kemarin.

Kata Anita, saat ini Iteba maupun BTP menerima siswa baru untuk gelombang pertama mulai September-Desember. Gelombang kedua Januari-Maret 2020. Gelombang ketiga Apri-Juni, gelombang keempat Juli-Agustus.

”Bagi siswa yang juara satu, dua dan tiga saat kelas II dan 12, pihak kampus memberikan beasiswa dengan diskon uang pendaftaran,” ujarnya.

Kemudian, bagi siswa yang ingin bekerja dan ingin juga kuliah, kata Anita solusinya kampus BTP dan Iteba. BTP membuka kuliah pagi dan malam. Kalau Iteba membuka kuliah pagi, malam dan kelas shift.

Kelas shift bisa kuliah pagi dan kuliah malam. Kelas shift ini peminatnya cukup tinggi dari kalangan pekerja. Bahkan siswa baru yang mau tinggal di mes kampus, disediakan mes. Mes sendiri sangat dekat kampus Iteba dan BTP.

Anita juga membeberkan, BTP khususnya sudah banyak kerjasama, tidak hanya dengan hotel-hotel berbintang di luar negeri maupun dalam negeri, BTP juga sudah melakukan kerjasama dengan Pemkab Siak (Riau), Pemkab Natuna (Kepri) kemudian dengan Pemkab Buton Sulawesi Tenggara.

Masih kata Anita, kampus Iteba memberikan suasana kampus yang asri dan menginspirasi dalam kegiatan perkuliahan. Iteba bekerjasama dengan ITB.

Untuk Prodi Studi Teknik Industri bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli dalam pengoperasian, perancangan dan aplikasi sistem internal dari manusia, mesin, modal, material, informasi, dan mode kerja di bidang industri, jasa dan pemerintah.

Kampus Iteba rencananya berlantai delapan tersebut bersebelahan dengan kampus Batam Tourism Politeknik (BTP).

Ia memberikan contoh, bila mahasiswa mengambil jurusan Sistem Informasi maka prospek kerja setelah taman kuliah, yakni bisa bekerja sebagai sistem analisa, sistem developer, IT Support/Auditor, Teknnology Project Manager, Programmer dan Tecnopreuner.

Studi Teknik Industri, prospek kerjanya, bisa bekerja di bidang keuangan, bidang produksi, bidang manajemen keuangan, bidang manufaktur, bidang logistik, analisis penjaminan kualitas dan bidang konsultasi manajemen. Jurusan Studi Manajemen Rekayasa, prospek kerjanya, bisa jadi konsultan HRD, konsultan pemaasaran, konsutan manajemen operasi, bidang manajemen, bidang pendidikan dan bidang wiraswasta.

Begitu juga dengan program studi matematikan, prospek kerjanya, bisa di departemen keuangan, analisis data statistik, asuransi, finance/pegawai bank, aktuari, arsitektur dan tekni sipil, penlitian & analisa dan eksplorasi bidang data.

Prodi Manajemen Rekayasa, merupakan keilmuan yang mengkombinasikan ilmu rekayasa (engineering) dengan keahlian manajemen untuk memimpin suatu tim yang berisi para tenaga ahli dalam mengerjakan persoalan-persoalan pembaharuan sistem dan organisasi.

Sehingga dapat dipahami interaksinya secara holistik, serta mampu membuat keputusan prasional dalam pembaharuan pemasaran, manusia dan operasi.

Selanjutnya Prodi Sistem Informasi bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang ahli dalam memadukan bidang rekayasa, pengelolaan serta aplikasi sistem informasi komputer, sistem penunjang keputusan dan sistem basis data.

Prodi Teknik Komputer bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang ahli dalam bidang rekayasa perangkat lunak komputer, inteligensia buatan dan program-program aplikasi komputer yang sangat dibutuhkan oleh industri medern, pemerintah dan bidang swasta lainnya.

Seterusnya Prodi Desain Komunikasi Visual merupakan ilmu komunikasi yang memanfaatkan elemen-elemen visual seperti warna, desain dan etika dengan tujuan membuat pesan tersampaikan secara efektif dan efisien.

Matematika merupakan abstraksi dari berbagai fenomena nyata yang disertai dengan penalaran yang ketat dan terstruktur rapi, dan senantiasa menganut pola kerja yang rumit dan sistematis, digunakan oleh hampir semua kehidupan, baik dalam bidang rekayasa, sosial, ekonomi, kedokteran dan lainnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here