Juli, Banyak Pejabat Dimutasi

0
402
Rudi

BATAM – Wali Kota Batam, HM Rudi meminta agar pejabat di Batam untuk bersiap, jelang mutasi. Dimana, rencana akan dilaksanakan Juli 2018 ini. Mutasi akan berjalan, seiring dengan proses pengisian jabatan yang kosong, karena pejabat lama pensiun. Namun diingatkan, mutasi tanpa transaksi. Termaksuk jika ada orang luar yang mengaku bisa mengatur untuk jadi pejabat agar dilaporkan.

Penegasan itu disampaikan Wali Kota Batam, HM Rudi terkait rencana rotasi di jabatan eselon di Pemko Batam, beberapa minggu kedepan. Dia meminta pegawai Pemko bersiap dan yang berminat jadi pejabat, agar mengikuti proses. Mendaftarkan sendiri dan tidak melalui orang luar yang jadi calo.

”Akan ada mutasi, OPD. Tidak ada yang bisa meminta mutasi melalui orang luar,” tegas Rudi.

Rudi mengingatkan, pihaknya tidak meminta uang dalam mutasi jabatan, kepada calon pejabat eselon Pemko. Calon pejabat yang memiliki kemampuan jadi pejabat calon, dipersilakan mendaftar.

”Saya, pak Wakil Wali Kota, juga tidak ada meminta, sepersen pun. Kalau punya kemampuan, silakan. Tidak bisa ada calo,” sambungnya.

Ditegaskan, jika ada pejabat Pemko yang mencoba masuk jadi calon pejabat melalui pihak lain, akan mereka tolak. ”Kalau ada, tidak akan pernah saya setujui. Yang mengurus (jadi calon) ada ribuan. Kalau saya terima akan ada korban,” cetusnya.

Selain pejabat yang akan diangkat, Rudi juga mengingatkan untuk saat ini, Pemko Batam tidak menerima mutasi pegawai dari luar. Pejabat dari luar Pemko Batam juga dinilai tidak bisa pindah dan menjanjikan tidak untuk meminta jabatan. Namun setelah satu tahun diterima di Pemko, malah melakukan lobi-lobi untuk meminta jabatan.

”Termaksud dari luar kalau pindah, tidak akan saya terima. Pertama bilang tidak ada jabatan tidak apa. Tapi setelah 1 tahun, grasak-grusuk cari jabatan juga. Jadi kerja yang baik-baik saja, pasti akan dapat promosi,” imbaunya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemko Batam, Jefridin mengatakan, rencana pergantian pejabat Pemko Batam, sudah mendapat respon dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun, untuk assesment, masih menunggu Wako. ”Kalau yang job fit, tidak perlu assesment. Untuk yang pensiun, nanti ada lelang kalau pejabat memasuki masa pensiun. Nanti kami akan bicarakan dengan pak Wali Kota dulu,” kata Jefridin.

Sementara pejabat di Pemko Batam yang pensiun ada Kadisdik Batam, Muslim Bidin dan akan pensiun, Asisten Ekbang, Gintoyono. Selain itu, jabatan yang kosong dan diisi Plt selain Disdik, ada Kepala Dinas Lingkungan Hidup, karena Kadisnya ditangkap polisi. Ada juga yang dulu disebut, Asisten Pemerintahan, Syuzahiri yang akan pindah tugas.

Rudi sendiri mengatakan, pejabat eslon III yang ingin naik menjadi pejabat eselon II, diakui harus menjalani rangkaian tahap lelang jabatan. Lelang akan dibuka dalam waktu dekat ini. Sementara untuk pejabat eselon II lain diakui hanya dilakukan rotasi. ”Kami akan lakukan juga nanti rotasi jabatan di tingkat eselon II,” terangnya. (martua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here