Jumat, Panlih Panggil AW dan Isdianto

0
839
Hotman Hutapea

DOMPAK – Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Cawagub Kepri, Hotman Hutapea menyampaikan, Jumat (15/9) besok mereka akan memanggil Isdianto, Kadispenda Pemprov Kepri dan Agus Wibowo (AW) Wakil Ketua DPRD Bintan untuk menggelar verifikasi data persyaratan sebagai calon Wakil Gubernur (Cawagub) yang diusulkan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun.

Kepada wartawan, Hotman menyampaikan, saat ini Seketaris DPRD (Sekwan) sedang memverifikasi data peserta, kemudian, Kamis (14/9) perdana data-data tersebut akan diserahkan kepada Panlih di kantor sekretariat Media Centre DPRD yang dibuat untuk proses pencalonan Wagub. ”Jumat rencananya, kita mulai gelar pemanggilan masing-masing calon. Karena yang pernah dikasih pimpinan kemarin, masih ada persyaratan yang kurang,” ujarnya.

Politikus Partai Demokrat itu menuturkan, persyaratan yang diminta harus berdasarkan Perda Tata tertib (Tatib) yang sudah dievaluasi di Mendagri.
Hotman melanjutkan, setelah melakukan verifikasi data langsung ke bakal calon, maka tahapan berikutnya meminta calon paling lambat dua minggu untuk melengkapi persyaratan yang masih kurang untuk mereka lengkapi. ”Satu minggu pertama verifikasi. Minggu kedua klarifikasi data,” tambah Hotman.

Baca Juga :  KEK Lebih Menjamin Ekonomi

Di kesempatan berbeda, Sirajuddin Nur menambahkan waktunya ada 14 hari untuk memverifikasi dan klarifikasi data bakal calon. Kalau ternyata di dalam proses itu tidak dapat memenuhi persyaratan yang di inginkan, maka Panlih akan menyurati gubernur untuk mengganti calon. ”Calon yang diusulkan tetap disepakati lima partai pengusung. Sebagian besar berkas sudah masuk,” tambahnya.

Ia menuturkan, bahwa sesuai dengan jadwal Panlih tanggal 8 Oktober mendatang sudah mulai tahapan pemilihan calon. Menurut Hotman sesuai dengan Tatib yang sudah disahkan bersama DPRD kemarin, dalam pasal 15 tentang Dokumen Kelengkapan persyaratan mencakup, bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa; setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, cita-cita Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca Juga :  Nurdin-Isdianto Salat Ied di Dompak

Calon berpendidikan paling rendah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau sederajat, berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun, mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari rumah sakit pemerintah.

Kemudian, tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap atau bagi mantan terpidana telah secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana.

Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Tidak pernah melakukan perbuatan tercela yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Menyerahkan daftar kekayaan pribadi, tidak sedang memiliki tanggungan utang secara perseorangan dan/atau secara badan hukum yang menjadi tanggungjawabnya yang merugikan keuangan negara. Tidak sedang dinyatakan pailit berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak dan memiliki laporan pajak pribadi.

Baca Juga :  Tanjungpinangpos Juara Nasional

Menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sejak ditetapkan sebagai Calon Wakil Gubernur.

Menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai Anggota Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Aparatur Sipil Negara serta Kepala Desa atau sebutan lain sejak ditetapkan sebagai Calon Wakil Gubernur. Berhenti dari jabatan pada Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah sejak ditetapkan sebagai Calon Wakil Gubernur. Mempunyai pandangan dan komitmen untuk memajukan Provinsi Kepri. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here