Jumlah Pemilih Bertambah 8.390 Jiwa

0
957
Pencoblosan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di Pilkada Kepri 2015 lalu.f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

PPDP Akan Sensus Penduduk Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Untuk Pilwako Tanjungpinang Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) Kota Tanjungpinang sebanyak 146.476 jiwa. Data ini telah diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang. Berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur Kepri (Pilgub) tahun 2015 lalu, ada sekitar 146.207 jiwa yang memiliki hak suara di Kota Tanjungpinang.

Hal ini disampaikan Divisi Rencana Anggaran, Program dan Data KPU Kota Tanjungpinang, Zulkifli Riawan kepada Tanjungpinang Pos, Senin (15/1).

Baca Juga :  Arif dan Reni Politisi Terlama di DPRD

Dari dua data tersebut antara DP4 dan DPT Pemilu tahun 2015 lalu, Zulkifli mengatakan, KPU Kota Tanjungpinang mengsingkronisasikan data pemilih menjadi 154.597 jiwa. Artinya, ada penambahan pemilih sekitar 5,74 persen atau 8.390 jiwa di Pilwako Tanjungpinang nanti.

Penambahan pemilih, dikarenakan adanya pemilih pemula, atau anak yang sudah berusia 17 tahun. Kemudian, dengan jumlah pensiunan TNI/Polri serta bertambahnya penduduk yang sudah berdomisili hingga menjadi warga tetap Kota Tanjungpinang.

”Jumlah pemilih ini bakal bertambah, setelah dilakukan pendataan oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) di rumah warga Tanjungpinang,” kata Zulkifli.

Baca Juga :  Suara Jokowi Unggul di TPS Ini

Pendataan yang dilakukan PPDP nanti, kata dia, seperti sensus penduduk yang dilakukan door to door ke rumah warga Kota Tanjungpinang, mulai dari 20 Januari hingga 18 Februari 2018 nanti. Jadi, ini masih ada kesempatan bagi warga punya hak pili, tetapi tak masuk dalam DPT.

”Ini dilakukan secara nasional alias serentak di daerah yang menggelar Pilkada tahun 2018,” tegas dia.

Nanti, petugas PPDP akan memberikan surat tanda bukti berupa form A1, dan akan dipasang stiker Pemilu di rumah warga tersebut. Ini salah satu bentuk, bawah warga yang tinggal di dalam rumah tersebut sudah di data oleh petugas PPDP. ”Saya yakin ada penambahan pemilih. Cuma berapa tambahnya, saya belum bisa pastikan,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here