Jumlah Penduduk Bertambah Ribuan Orang

0
796
LIBURAN Imlek pelabuhan domestik dipadati penumpang yang berasal dari Batam dan Selat Panjang dan warga saat turun dari kapal dan kembali ke Karimun, Minggu (11/2) sore. F-ALRION/tanjungpinang pos

KARIMUN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mencatat, penduduk Kabupaten Karimun bertambah 2.943 jiwa pada tahun 2017. Dengan demikian, saat jumlah penduduk Karimun menjadi 243.834 jiwa.

”Jumlah penduduk Kabupaten Karimun, sama dengan jumlah yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Untuk tahun 2018, belum diketahui karena baru berjalan 2 bulan. Meskipun demikian, pertumbuhan penduduk setiap bulannya dilaporkan setiap bulan,” kata M Tahar, Kadisdukcapil Karimun, Selasa (20/2).

Pada amanat UU No 23 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, yakni pasal 58 ayat 4 menyatakan data kependudukan untuk semua keperluan adalah data kependudukan dari Kemendagri. Untuk acuan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demoktrasi dan penegakan hukum, pencegahan kriminal.

Pertambahan penduduk didominasi perpindahan penduduk antar kecamatan, maupun angka kelahiran di setiap kecamatan. Jumlah penduduk terpada di Kecamatan Karimun mencapai 50.100 jiwa, dan Meral 45.104 jiwa yang rata-rata terjadi kenaikan sekitar 600 jiwa.

Penduduk dengan jenis kelamin laki-laki ada 125.602 jiwa, dan perempuan 118.232 jiwa yang selisihnya tidak jauh. Setiap hari aktivitas pelayanan pengurusan administrasi kependudukan tetap dipadati oleh masyarakat. Mulai dari pengurusan akte kelahiran, KTK, KK, surat pindah domisili. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here